Penerapan Perda KTR di Kabupaten Serang tak Kunjung Efektif

Penerapan peraturan daerah (Perda) tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di Kabupaten Serang belum kunjung efektif. Saat ini perokok masih ada yang merokok di area yang dilarang.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Jatining menuturkan, sepanjang 2019 untuk penerapan Perda KTR di Kabupaten Serang belum berjalan efektif. Masih banyak perokok yang merokok di area terlarang.

“Kalau untuk penerapan KTR belum efektif di Kabupaten Serang. Belum ada kesadaran dari perokoknya juga,” katanya kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Ia menuturkan, penerapan KTR di kawasan perkantoran maupun organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Serang dinilai belum efektif. Masih saja beberapa ditemukan perokok yang tidak mematuhi aturan tersebut. Selain itu, belum adanya tindakan tegas dari atasannya.

“Harusnya kalau perkantoran atau OPD itu gimana atasannya. Harusnya diberikan sanksi tegas,” ujarnya.

Meski demikian, selama ini untuk penerapan KTR di beberapa kawasan kesehatan, seperti Dinkes maupun Puskesmas sudah diterapkan dengan baik. Bahkan, ada beberapa pegawai kesehatan yang sampai berhenti merokok dengan adanya Perda KTR ini. Saat ini, baru kawasan tersebut, saja yang baru efektif.

“Kawasan kesehatan, seperti Dinkes dan Puskesmas saja yang baru efektif diterapkan KTR-nya. Kalau yang lain belum terlalu efektif,” tuturnya. (Tresna Mulyanawati)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here