Penempatan Pejabat Pemkab Pandeglang, Bupati Diminta Proporsional

PANDEGLANG, (KB).- Wakil Ketua DPRD Pandeglang Erin Fabiana Ansori meminta Bupati Pandeglang Irna Narulita untuk proporsional dalam melakukan rotasi dan mutasi pejabat.

”Memang untuk mutasi itu hak sepenuhnya bupati, tetapi kita juga berharap agar dilakukan secara transparan. Sehingga, masyarakat juga bisa menilai pejabat tersebut sesuai atau tidak dengan jabatannya tersebut,” kata Iing.

Selain itu, kata dia, dalam melakukan mutasi badan pertimbangan kepangakatan dan jabatan (Baperjakat) dan bupati harus didasari oleh kebutuhan atau penyegaran untuk pembangunan.

Tetapi, bukan karena pesanan atau jasa politik. Sebab, hal tersebut bisa berpengaruh pada kinerja dan tidak akan bisa membantu bupati dalam merealisasikan visi dan misinya.

”Kalau bupati berharap bisa merealisasikan visi dan misinya, tentunya pembantunya (OPD) harus orang-orang yang berkompeten. Sebab, kalau salah, jangan berharap bisa mencapai Pandeglang yang maju dan masyarakat yang sejahtera. Apalagi, saat ini memasuki masa akhir jabatan bupati,” ujarnya.

Akademisi Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Banten EkoSupriatno mengatakan, dengan adanya rencana rotasi dan mutasi tersebut, selain dijadikan sebagai penyegaran dalam OPD,juga harus didasari pada kebutuhan organisasi. Sehingga, dalam pencapaian visi dan misi bisa berjalan optimal.

”Jelas dalam rotasi dan mutasi yang akan dilakukan harus dilakukan dengan perhitungan yang matang, agar mereka (Pejabat) benar-benar bisa bekerja maksimal. Sebab, pada dasarnya mereka yang paling mengerti masalah teknis di setiap OPD, baik itu pelaporan dan yang lainnya,” ucapnya.

Selain itu, kata Eko, pihaknya berharap agar setiap OPD memiliki inovasi dalam melakukan kegiatannya. Sehingga, dalam penggalian potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bisa maksimal.

”Semua OPD juga harus kreatif, dengan melihat semua potensi yang bisa ditarik menjadi PAD, bukan hanya mengandalkan potensi yang sudah ada sajah,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang merencanakan akan kembali melakukan perombakan pejabat Eselon II, III dan IV. Perombakan pejabat tersebut direncanakan akan dilakukan Agustus mendatang. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here