Sabtu, 23 Februari 2019

Peneliti Jepang Isi Diskusi Pengelolaan Sampah

SERANG, (KB).- Peneliti asal Jepang, Shiho Takehisa, pagi ini mengisi diskusi tengah bulanan Mang Fajar di Harian Umum Kabar Banten. Diskusi bertema “Menata Kembali Pengelolaan Sampah di Kota Serang”, menghadirkan Walikota Serang H. Syafrudin sebagai pembicara pembanding.

Panitia diskusi, Maksuni Husen, mengatakan Shiho merupakan praktisi sampah asal Jepang yang telah lama menjadi mitra Pemkot Surabaya bidang pengelolaan sampah. Kedatanganya ke Indonesia berawal dari keberadaan dirinya sebagai karyawati Nishihara Co Ltd yang berpusat di Kota Kitakyushu, Jepang. Ia telah tiga tahun tinggal di Surabaya dan mahir berbahasa Indonesia dan Jawa.

Ia berharap, Shiho bisa berbagi ilmu tentang pengelolaan sampah dengan masyarakat Kota Serang melalui diskusi tersebut.

“Lebih penting lagi, semoga Pemkot Serang bisa memanfaatkan kedatangan Shiho untuk bertukar pengalaman,” katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihak Kabar Banten juga mengundang Walikota Serang dalam diskusi tersebut. Selain itu, pihaknya juga mengundang sejumlah akademisi di Banten.

Sementara Shiho Takehisa mengaku gembira bisa berkunjung ke Kota Serang dan berbagi pengalaman tentang pengelolaan sampah kota. Ia berharap, lain kesempatan bisa lebih lama tinggal di Kota Serang. Ia tertarik ingin mempelajari budaya masyarakat setempat tentang sampah.

“Cara masyarakat dalam memperlakukan sampah, adalah budaya yang menarik untuk dipelajari. Sebab, sebetulnya sampah bisa menjadi apa saja seperti yang kita mau,” katanya. (KO)*


Sekilas Info

Pendaftar Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Banten Membeludak

SERANG, (KB).- Pendaftar seleksi calon Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten periode 2019-2023 membeludak. Sampai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *