Senin, 18 Februari 2019

Pendidikan Karakter Bentuk Siswa Madrasah Berakhlakqul Karimah

SERANG, (KB).- Tantangan pendidikan saat ini lebih berat disisi karakter siswa di tengah perkembangan informasi dan teknologi yang tidak dapat dibendung lagi. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Banten, Idris Jamroni.

Ia mengatakan, di era perkembangan informasi dan teknologi semakin berkembang harus disikapi dengan suri tauladan sikap dan akhlakqul karimah.

“Sikap dari para siswa dari pondok pesantren dan madrasah mereka tidak pernah melakukan tindakan seperti di hari kelulusan, mereka tidak pernah melakukan coret-coret. Artinya, kami menerapkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter di pesantren dan madrasah dapat diterpkan dengan berhasil,” katanya kepada Kabar Banten, Selasa(2/10/2018).

Ia mengatakan, hal kecil daripara pendidik bisa menjadi teladan bagi siswa saat berinteraksi. Tentu para pendidik ingin mengedepankan akidah akhlak para siswa madrasah ini punya kompetensi akhlakul qarimah.

“Para siswa di pondok pesantren dan madrasah dididik untuk meraih kecerdasan spiritual dan emosional sehingga mereka memiliki kepekaan terhadap orang lain. Karakter yang sudah diajarkan pada siswa untuk hidup lebih disiplin dibandingkan siswa lain di luar,” ucapnya.

Menurutnya, menanamkan kepedulian siswa saat ini lebih sulit karena mereka melihat hal kecil pun terkadang tidak di respona. Madrasah ingin menanamkan kepedulian. Selain itu, madrasah mempunyai siswa yang intelektual dan refleksi terhadap akhlak terhadap karakter yang baik.

“Selain memiliki intelektual, siswa juga menanamkan rasa kepedulian sikap disiplin dan religius dan tanggung jawab akan dirinya sendiri. Merefleksi terhadap karakter yang baik,” katanya. (DE)*


Sekilas Info

BAN PT Sambangi Ilmu Hukum Untirta

SERANG, (KB).- Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sambangi Program studi (Prodi) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *