Pendapatan Pajak Daerah 2020 Ditarget Rp 567 M, Baru Sebulan Dapat Rp 23,6 M

CILEGON, (KB).- Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon terus memaksimalkan potensi pendapatan daerah melalui sektor pajak. Hasilnya cukup signifikan, pada Januari lalu pendapatan daerah dari sektor pajak mencapai Rp 23,6 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Perpajakan pada BPKAD Kota Cilegon Hadi Permana mengatakan, pendapatan dari sektor pajak memang cukup signifikan. Namun begitu, pontensi tersebut, seharusnya bisa lebih ditingkatkan.

“Sebetulnya potensi pendapatan dari pajak bisa lebih tinggi. Namun, kami terkendala oleh kesadaran para wajib pajak baru. Masih sedikit para wajib pajak baru yang datang ke kantor untuk membayar pajak, sehingga kami yang harus mendatangi mereka,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Senin (17/2/2020).

Menurut dia, mendatangi para wajib pajak baru bagian dari terobosan dinas dalam menggenjot PAD. Menurut dia, terdapat 10 jenis pajak yang sedang dimaksimalkan pihaknya.

“Ada pajak hiburan, pajak hotel, pajak galian c, pajak parkir, pajak penerangan jalan, pajak restoran, PBB (pajak bumi dan bangunan), pajak reklame, BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), serta pajak air tanah,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan pendapatan dari sektor pajak pada 2020 sebesar Rp 567 miliar. Sementara, pendapatan pada Januari lalu terhitung 4,17 persen dari target pendapatan pajak 2020.

“Kami yakin di bulan-bulan berikutnya akan semakin meningkat,” tuturnya.

Ia menuturkan, pendapatan pajak Rp 23,6 miliar berasal dari 284 wajib pajak. Sementara, untuk wajib pajak baru jumlahnya sekitar 20 wajib pajak.

“Ada puluhan wajib pajak baru di Kota Cilegon ini. Mereka sedikit-sedikit kami bina, agar tingkat kesadaran wajib pajak meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pendaftaran dan Pendataan Pajak pada BPKAD Cilegon Adriano menuturkan, mendatangi wajib pajak baru juga sebagai pelayanan yang dilakukan oleh BPKAD Cilegon. Pendapatan pajak terus digenjot, agar setiap tahunnya bisa terus meningkat. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here