Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dilaksanakan Juni 2020

SERANG, (KB).- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan 2-20 Juni 2020. Selain itu, UTBK SBMPTN akan dilaksanakan satu kali.

Sementara, jadwal pelaksanaan UTBK pada 5-12 Juli mendatang. Kemudian hasil SBMPTN diumumkan pada 25 Juli 2020.

”Jadwal tersebut sudah kami terima melalui surat edaran Nomor :09/SE.LTMPT/2020 tentang jadwal pelaksanaan UTBK 2020,” kata Kepala Subbagian (Kasubbag) Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Veronika Dian Faradisa, saat dihubungi Kabar Banten, Selasa (7/4/2020).

Ia menuturkan, penundaan pelaksanaan UTBK dan SBMPTN yang sedianya dilaksanakan 30 Maret ditunda, karena melihat kondisi nasional yang sedang menghadapi wabah virus corona atau Corona virus disease (Covid-19).

Sehingga LTMPT membuat jadwal terbaru yakni pada Juni mendatang untuk pendaftaran dan pelaksanaan UTBK pada Juli mendatang. Materi tes UTBK merupakan Tes Potensi Skolastik (TPS), setiap peserta hanya diizinkan mengambil tes sebanyak satu kali.

“Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi Tujuan, pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 sesi,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan UTBK, pihaknya masih menunggu Tim LTMPT Untirta lokasi yang akan ditentukan. Selain itu, berdasarkan surat edaran terbaru, UTBK hanya dilaksanakan 1 kali. Keputusan tersebut keputusan yang paling mungkin dengan situasi yang akan lebih baik saat itu.

“Kami akan menyesuaikan jadwal tersebut, sehingga untuk lokasi tidak hanya kampus Untirta saja yang digunakan tetapi ada kampus lainnya. Kami berharap ada tiga lokasi meski hambatan pasti ada, namun harus diantisipasi,” ujarnya. (DE/HY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here