Kamis, 21 Juni 2018

Pendaftaran SNMPTN Untirta Capai 10.460

SERANG,(KB).- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), hingga memasuki hari ke-13 mencapai 10.460 calon mahasiswa baru. Pendaftaran SNMPTN telah di mulai sejak 21 februari dan berakhir pada 6 maret 2018.

Wakil Rektor Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta Fatah Sulaiman mengatakan, dari angka tersebut akan terus bertambah hingga terakhir pendaftaran. “Memasuki hari ke-13 calon mahasiswa baru yang mendaftar mencapai 10.460. Jumlah ini masih akan terus bertambah hingga 6 maret 23.59 dan akan ditutup. Di hari-hari terakhir biasanya akan lebih banyak yang mendaftar,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (5/3/2018).

Ia mengatakan sebanyak 4.700 menempatkan Untirta sebagai pilihan pertama (PTN 1) dan 5.760 menempatkan Untirta sebagai pilihan kedua (PTN 2). Untirta pada tahun menyediakan kuota mahasiiswa baru 1.221 kursi untuk jalur SNMPTN.

“Jumlah ini 30 persen dari total kuota mahasiswa baru Untirta sebesar 4.070 kursi. Pendaftaran SNMPTN 2018 akan berakhir pada hari selasa, 6 Maret 2018. Setelah itu panitia pusat akan mulai proses seleksi dengan menganalisis nilai rapor semester satu samapai semester V,” katanya.

Ia mengatakan proses seleksi memperhitungkan rekam jejak, kinerja sekolah, menerapkan kriteria seleksi nasional, dan kriteria yang ditetepakan oleh masing-masing PTN. Semua data sudah tersistem di Dapodik jadi semua transparan dan akuntabel.

“Proses seleksi SNMPTN diawali dengan seleksi pendaftaran di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Pendaftaran yang memilih program studi pada dua PTN jika tidak lulus pada PTN pilihan pertama, pendaftar akan diseleksi pada PTN pilihan kedua. Pilihan pertama menjadi prioritas sesuai dengan presetasi non akademik,” ujarnya.

Ia mengatakan yang mendaftar dari 1.139 sekolah dari 35 Provinsi di Indonesia. Kecuali Papua yang mengikuti program ADIK. Dilihat dari akumulasi presetasi untuk masuk ke PTN. Di ini untuk jalur SNMPTN untuk Diploma dan Paskasarjana melalui jalur mandiri.

“35 Provinsi sudah mendaftar menjadikan Untirta sebagai pilihan untuk menimba ilmu. Calon mahasiswa diharapkan untuk tetap konsisten terhadap pilihannya. Jangan sampai sudah masuk malah berubah pikiran kasihan orang lain yang menginkan kesempatan tersebut malah yang sudah diberi kesempatan tidak konsisten,” ujaranya. (DE)***


Sekilas Info

PONPES DAAR EL ISTIQOMAH GELAR WISUDA SANTRI

SERANG, (KB).- Ponpes Daar El Istiqomah asuhan KH. Sulaeman Ma’ruf gelar wisuda santri KMI (Kulliyatul Muallimin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *