Pendaftaran Pasca-Sarjana Dibuka, UIN Banten Sediakan 100 Kuota

SERANG, (KB).- Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten membuka pendaftaran program pascasarjana angkatan ke-17 sejak Sabtu (1/12/2018) hingga Jumat (18/1/2019). Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur Naf’an Tarihoran, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/1/2019).

“Kami dalam satu tahun membuka dua kali penerimaan mahasiswa baru pascasarjana. Pada penerimaan tersebut hanya 100 kuota untuk 6 program studi (prodi),” kata Naf’an kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, 6 prodi tersebut yakni, Pendidikan Agama Islam (PAI), Hukum Keluarga Islam (HKI), Ekonomi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, Studi Islam Indisipliner merupakan prodi terbaru, dan Pendidikan Bahasa Arab. Naf’an mengatakan, masing-masing kelas hanya diisi kurang dari 20 mahasiswa dari setiap prodi.

“Ada persyaratan khusus yakni Tes Potensi Akademik (TPA) dan pake Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Untuk TOEFL belum menentukan skor hingga 500, untuk sekarang masih skor 400, bahasa Arab,” ujarnya.

Menurut dia, tes akan dilaksanakan Kamis (24/1/2019) dan pengumuman Senin (28/1/2019). Sekarang masih proses pendaftaran melalui online www.pmb-pascasarjana.uinbanten.ac.id.

“Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar bisa daftar melalui bank kemudian masuk ke web pascasarjana.uinbanten, isi persyaratannya,” katanya.

Ia berharap, bisa dikatakan pelopor kedepannya pascasarjana tersebut bisa menjadi unggulan bagi masyarakat. Di setiap prodi tersebut menawarkan sejarah Islam Nusantara tidak semua perguruan tinggi mengajarkan pembelajaran tersebut.

“Sesuai dengan visi kami, unggul, terkemuka dalam integrasi keilmuan dan berwawasan global. Menjadikan para lulusan memiliki spiritual intelektual dan profesional,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here