Pendaftar Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Banten Membeludak

SUASANA pendaftaran calon Anggota KI Provinsi Banten periode 2019-2023 di Kantor Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten, di Gedung SKPD Terpadu Lantai 6, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Jumat (22/2/2019).*

SERANG, (KB).- Pendaftar seleksi calon Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten periode 2019-2023 membeludak. Sampai dengan Jumat (22/2/2019) pukul 14.00 WIB, jumlah sudah mencapai 92 orang. Waktu pendaftaran berlangsung sampai pukul 16.30 WIB.

Informasi yang dihimpun, pendaftaran sudah dibuka sejak Senin (11/2) dan Jumat (22/2) merupakan hari terakhir pendaftaran seleksi calon Anggota Komisioner KI Provinsi Banten. Pada saat mendaftar, pendaftar diharuskan melengkapi sejumlah dokumen persyaratan yang sudah disampaikan dalam pengumuman.

Di antaranya, surat pendaftaran yang ditandatangani, daftar riwayat hidup, foto berwarna terbaru ukuran 4×6, salinan kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku, serta surat keterangan kepolisian tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana lima tahun atau lebih.

Lalu, surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari keanggotaan dan jabatan di badan publik apabila diangkat menjadi Anggota KI, surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu yang ditandatangani di atas materai dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan tim pemeriksa kesehatan dari rumah sakit pemerintah.

Anggota Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KI Provinsi Banten Komari membenarkan, Jumat (22/2/2019) merupakan hari terakhir pendaftaran seleksi calon Anggota KI Provinsi Banten. Menurut pantauannya, seleksi ini dikuti oleh peserta yang cukup banyak. “Iya hari terakhir,” katanya.

Setelah pendaftaran, lanjut dia, tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi. Kemudian tes potensi, psikotes dan dinamika kelompok serta wawancara. “Ada tahapan-tahapannya,” ucap pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten ini.

Bagian yang diseleksi pada seleksi administrasi berupa kelengkapan administrasi yang disampaikan masing-masing peserta, seperti ijazah dan usia. “Banyak yang lainnya. (Tes Pontensi) rencana pakai CAT. Kemudian psikotes menggunakan UIN Jakarta. Tempatnya di Jakarta,” tuturnya.

Hasil akhir tahapan seleksi yang dilakukan timsel akan merekomendasikan 15 nama kepada Komisi I DPRD Banten. DPRD kemudian akan menentukan lima di antaranya menjadi Anggota KI Provinsi Banten. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here