Pencuri Dua Belas Mobil Carry Dibekuk

Dua pencuri 12 mobil carry dibekuk petugas Satreskrim Polres Serang. Keduanya AH dan ES diringkus di tempat persembunyiannya Kampung Kadubale, Desa Bantu Bantar, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (11/11/2017) sekitar pukul 20.00. Selain kedua tersangka, petugas juga meringkus dua orang penadah mobil curian.

Kasat Reskrim Polres Serang AKP Gogo Galesung menjelaskan, penangkapan kedua tersangka tersebut merupakan hasil pengembangan laporan pencurian di dua tempat kejadian perkara (TKP). Satu TKP di kawasan Pasar Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Rabu 31 Mei 2017 lalu. Satu TKP lagi di SPBU Kragilan, Kabupaten Serang, Jumat (18/8/2017).

Dari hasil penyelidikan, petugas berhasil mengidentifikasi pelaku. “Keduanya ditangkap di kamar kontrakan,” ujar Kasat saat ekspos kasus pencurian di Polres Serang, Rabu (29/11/2017). Dari penangkapan kedua tersangka kemudian berkembang ke tersangka penadah mobil curian berinisial AM. Dia ditangkap petugas pada Rabu (15/11/2017) sekitar pukul 11.00 di Kampung Silayung, Desa Tamansari, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.

“Penangkapan AM merupakan pengembangan dari kedua tersangka. Dia membeli mobil curian dengan harga yang murah,” kata Kasat didampingi Kanit Pidum Satreskrim Polres Serang Iptu Shilton dan Kaur Reskrim Polres Iptu Ilman Robiana.

Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku mengincar mobil carry tua karena mudah dicuri. Menggunakan alat seperti obeng, kunci L, alat sambung kontak serta kunci mobil palsu kedua tersangka membobol mobil yang sudah menjadi target mereka. “Ini spesialis mobil lama, karena lebih mudah untuk dicuri. Pengamanan mobil klasik ini kurang,” tutur kasat.

Kedua tersangka, lanjut kasat, melakukan pencurian dengan target mobil yang diparkiran sepi. Keduanya menjalankan aksinya di 12 TKP di wilayah Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang. Mobil yang berhasil dicuri tersebut oleh kedua tersangka dijual kepada penadah di daerah Pandeglang dengan harga kisaran Rp 2 juta. “Mobil ini dijual kepada tukang sayur dan nelayan di perdesaan,” ucap kasat.

Kasat menuturkan, dalam kasus pencurian ini masih dalam proses pengembangan. Sebab ada enam unit mobil lagi yang saat ini dalam proses pencarian. Dari pengungkapan kasus ini, petugas mengamankan barang bukti enam unit mobil carry nomor polisi A 1559 EL, A 1517 L, B 2471 JK, A 8394 PC, A 1705 NL, A 1868 MF, 3 kunci palsu, 2 kunci leter L, 1 kunci pas ukuran 10-12, satu lembar STNK atas nama Supardi dan 1 kunci mobil Suzuki. “Ada enam mobil lagi (masih dicari),” tutur kasat.

Dari pengungkapan spesialis mobil carry, petugas juga meringkus penadah mobil diluar sindikat tersebut. Tersangka ditangkap dengan barang bukti mobil curian jenis Toyota Avanza berwarna hijau tanpa nomor polisi. Namun kasat enggan menyebutkan identitas tersangka karena masih dalam proses pengembangan. (Fahmi)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here