Pencetakan KIA di Disdukcapil Kabupaten Serang Lampaui Target

SERANG, (KB).- Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mengungkapkan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) telah melampaui target 2019. Dari target 3.500 keping sampai Oktober 2019 telah tercetak 4.003 keping.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Serang Mochamad Mujtahidi mengatakan, pencetakan KIA di Kabupaten Serang telah melampaui target. Sebab sampai saat ini sudah tercetak 4.003 keping dari target 3.500 keping di tahun ini.

“Alhmdulillah pencetakan KIA sampai saat ini sudah 4.003 keping. Sudah melampaui target kami,” kata Didi kepada Kabar Banten, Kamis (7/11/2019).

Tahun ini pencetakan KIA di Kabupaten Serang baru dilakukan untuk pertama kalinya. Berbeda dengan kabupaten/kota lainnya yang sudah lama melakukan pencetakan KIA.

Sehingga, di tahun pertama ini, Disdukcapil Kabupaten terus berupaya dengan melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mencapai target.

“Ini tahun pertama kami melakukan pencetakan KIA. Ya awal tahun sih masih sedikit yang melakukan pencetakan,” tuturnya.

Dia mengatakan, tahun depan Disdukcapil Kabupaten Serang akan menargetkan pencetakan KIA sebanyak 15.000 keping. Sebab saat ini pun masih ada sebagian anak-anak yang belum memiliki KIA.

Sehingga kedepan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang akan terus diperkuat. Kerjasama tersebut dinilai akan mempercepat pencapaian target pencetakan KIA.

“Saat ini kami juga kan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Kemudian kerjasama dengan berbagai pihak juga dilakukan terutama nanti dengan Disdikbud Kabupaten Serang,” ucapnya.

Dia berharap kedepan semua anak-anak di Kabupaten Serang sudah memiliki identitas kependudukannya tersendiri salah satunya dengan memiliki KIA tersebut.

Sehingga Kabupaten Serang juga dapat sejajar dengan kabupaten/kota lain yang sudah memanfaatkan KIA ketika akan membeli buku pelajaran, masuk sekolah dan lainnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here