Jumat, 14 Desember 2018

Pencalonan DPD RI, Tokoh Baru Bermunculan

SERANG, (KB).- Tokoh baru yang akan maju menjadi calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mulai bermunculan. Saat ini, sudah lebih dari lima tokoh baru yang berkonsultasi dan mengambil formulir untuk pencalonan DPD RI dari Provinsi Banten pada pemilihan umum (pemilu) 2019. “Sejauh ini udah banyak yang nanya-nanya, yang minta formulir udah lebih dari lima orang,” kata Komisioner KPU Provinsi Banten, Syaeful Bahri saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan seluler, Rabu (28/2/2018).

Ia tidak menyebutkan secara rinci siapa saja nama-nama tersebut karena KPU tidak mencatat siapa saja nama-namanya. Syaeful hanya menyebutkan bahwa salah satu di antaranya ada tokoh pemuda. Bahkan, ada juga nama salah satu kepala daerah di Banten. “Bahkan ada yang sudah sosialisasi sudah ada antara lain anaknya kepala daerah yang mungkin publik tahu semua,” tutur Alumni sarjana UIN Jakarta ini.

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 7 tahun 2018, setiap warga Banten yang ingin mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI dari Banten harus mengantongi dukungan KTP elektornik minimal sebanyak 3.000. Jumlah ini harus tersebar di empat kabupaten/kota se-Banten.”Dan tidak batas minimal maksimalnya. Umpanya dari 3.000 itu 2.000 di antaranya ada di satu kabupaten/kota. Sementara yang tiga kabupaten/kota lain hanya beberapa saja, itu tidak masalah,” tuturnya.

Berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Penyelenggaraan Pemilu 2019, lanjut dia, dokumen syarat dukungan diserahkan ke KPU Banten pada 22 sampai 26 April 2018. Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi jumlah minimal dukungan, sebaran, administrasi dan analisis kegandaan pada 27 April 2018. Hasil verifikasi diumumkan pada 11-13 Mei 2018. “Kalau ternyata KTP dukungan ada yang ditemukan ganda maka hukumannya dikurang 50. Satu ganda maka mengurang 50,” tuturnya.

Calon DPR RI yang KTP dukungannya kurang dari 3.000 dapat melakukan perbaikan pada 14 sampai 20 Mei 2018 dan diverifikasi pada 21 Mei 2018. Setelah itu KPU akan melakukan verifikasi faktual dukungan pada 30 Mei sampai 19 Juni 2018, hasilnya disampaikan 23 sampai 25 Juni 2018. Pendaftaran calon DPD RI sendiri dilakukan pada 9 sampai 11 Juli 2018. Kata dia, jumlah anggota DPD RI dari Banten yang terpilih sebanyak 4 orang. “Setiap provinsi hanya 4 senator, jatah kursi DPD semua rata,” tuturnya.

Selain dukungan KTP, calon juga harus melampirkan syarat lain seperti ijazah, SKCK, KTP dan lain sebagainya. Formulir pendaftaran dapat diambil langsung di KPU Banten atau mengunduh di website resmi KPU RI. “Warga yang ingin mencalonkan jangan sungkan-sungkan datang ke KPU kabupaten/kota atau datang langsung ke KPU Banten,” kata pria yang Ketua ISNU Kota Cilegon tahun 2012 ini. (SN)***


Sekilas Info

107 ASN Pemkab Serang di Rotasi, Dua Jabatan Eselon II Kosong

SERANG, (KB).- Sebanyak dua jabatan eselon dua di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, yakni Kepala Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *