Penataan Banten Lama Fokus Atasi Kekumuhan

Tubagus Abbas Wasse

SERANG, (KB).- Ketua Kenadziran Banten Lama, Tubagus Abbas Wasse meminta agar tahap awal penataan Banten Lama, Pemerintah Provinsi Banten, Kota Serang dan Kabupaten Serang lebih fokus mengatasi kekumuhan. Selain sebagai persiapan menghadapi Festival Keraton Dunia, kekumuhan juga menjadi penyebab suramnya wajah kawasan cagar budaya tersebut.  “Mengatasi kekumuhan, utamanya oleh pedagang yang jumlahnya kurang lebih seribu. Itu dulu yang harus dientaskan oleh pemerintah,” katanya saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan telepon, kemarin.

Selanjutnya, pemerintah baru membangun jalan-jalan di sekitar kesultanan, membangun kantor pusat informasi, pemasangan paving block, serta penyediaan MCK di beberapa titik kawasan yang juga kerajaan Islam pertama di Banten tersebut. “(Tujuan pemasangan paving block) supaya tidak becek kalau lagi musim hujan,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh rangkaian revitalisasi dapat terlaksana sesuai jadwal, baik itu dalam hal relokasi PKL, pembuatan kios-kios, maupun kegiatan lainnya. “Sekarang Pemkot (Serang) sudah membeli lahan (untuk relokasi PKL), sekarang lagi diuruk. Apakah itu sudah sesuai dengan jadwal atau tidak pekerjaannya, karena harus segera,” ucapnya.

Disinggung mengenai rencana Festival Keraton Dunia, dia menjelaskan, kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan 9-12 November mendatang. Pembukaannya dilaksanakan di Alun-alun Keraton Kesultanan Banten Lama. Peserta yang hadir antara lain, raja atau sultan di nusantara dan 7 delegasi kerajaan dari mancanegara. “Kegiatannya gelar budaya, prajurit, seminar, musyawarah agung, makan malam bersama para sultan,” katanya.

Delegasi dari keraton kerajaan mancanegara diminta membawa utusan perdagangan. “Nanti kalau misalkan utusan menginginkan berinvestasi di Banten, bisa langsung melakukan (memorandum of understanding) dengan Pemerintah Provinsi Banten. Semula festival akan dilaksanakan bulan Oktober, karena Oktober itu bulan lahirnya Kesultanan Banten,” katanya.

Berkaitan dengan festival tersebut, kata dia, penataan Kesultanan Banten dapat dilaksanakan secepat mungkin. Harapannya kesultanan sudah menunjukkan wajah bersih saat festival digelar. “Makanya kami mengadakan festival keraton sesuai dengan arahan, November,” katanya. (H-51)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here