Penanganan Covid-19, Pemkot Tangsel Terima Ratusan Alat Rapid Test

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menerima alat rapid test Covid-19. Sebagai tahap pertama, setidaknya sudah ada 600 buah yang sudah diterima dari Pemerintah Provinsi Banten.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, jumlah tersebut nantinya akan bertambah sesuai dengan permintaan untuk kebutuhan di Tangsel. Alat rapid test itu hanya akan digunakan oleh orang-orang yang telah diprioritaskan terlebih dahulu.

“Untuk ODP (orang dalam pengawasan), PDP (pasien dalam pengawasan), petugas dan tenaga medis tentunya, petugas rumah sakit, dan tentu yang berkaitan dengan tenaga kesehatan,” ujar Airin di Puspemkot Tangsel, Jalan Maruga Raya, Ciputat, Tangsel, Senin (30/3/2020).

Setelah prioritas itu terpenuhi, alat rapid test itu baru dapat digunakan oleh yang lain.

“Kami masih akan terus mencari. Baik dari anggaran APBD, maupun dari pemerintah pusat, ataupun program CSR yang diberikan ke kita untuk penambahan rapid test itu,” ucapnya.

Saat ini, alat rapid test itu pun telah didistribusikan ke setiap puskesmas di seluruh kecamatan.

“Bahkan rapid test itu sudah berjalan. Ada satu kecamatan yang sudah berjalan, dan nantinya akan dijalankan serentak juga dengan kecamatan lainnya, dan kami berkoodinasi untuk semua wilayah kecamatan dan kelurahan,” ucapnya.

Menurut Airin, alat rapid test ini bukan hanya dapat membantu Pemerintah kota dalam memastikan seorang pasien positif atau negatif Covid-19.

“Jadi rapid test ini juga sebagai salah satu alat untuk validasi data. Akan kita samakan dengan di lapangan, apakah data ODP dari rumah sakit saat ini statusnya sudah tidak lagi jadi ODP, PDP, atau sudah sembuh atau bagaimana. Kita lihat dari rapid test ini bukan hanya memastikan positif atau negatif, tapi kita juga lakukan dalam rangka untuk memvalidasi data yang kami terima,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here