Penanganan Covid-19, Pemkab Lebak Siapkan Rp 5 M

LEBAK, (KB).- Pemkab Lebak menyiapkan anggaran Rp 5 miliar untuk penanganan dan pencegahan virus corona (Covid-19). Anggaran itu dialokasikan untuk belanja penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, cairan disinfektan, serta obat-obatan lainnya.

Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Lebak Budi Santoso menyampaikan, anggaran penanganan virus corona yang sebelumnya akan dialokasikan Rp 3 miliar bertambah menjadi Rp 5 miliar.

”Anggaran itu kita siapkan sesuai Surat Edaran Gubernur Banten. Dimana, bantuan keuangan provinsi dapat dialihkan untuk penanganan penyebaran virus corona,” kata Budi Santoso, Rabu (25/3/2020).

Menurut dia, pemerintah daerah juga sudah disepakati bersama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPD). Bantuan bidang kesehatan sebesar Rp 5 miliar akan digunakan untuk penanganan virus Covid -19. Sedangkan untuk rincian kebutuhannya ada di Dinas kesehatan (Dinkes).

”Semua udah oke, dan sudah diverifikasi, baik dengan Provinsi Banten maupun Bapeda. Selanjutnya akan segera terbit Keputusan Gubernur untuk lokasi bantu Kabupaten Lebak,” katanya.

Disesuaikan dengan kebutuhan

Berkaitan dengan itu, kata dia, pihak rumah sakit (RS) juga sudah dikumpulkan. Hal itu mengetahui apa saja yang dibutuhkan RS. Sedangkan untuk belanja pengadaan barang dilakukan oleh Dinkes. Termasuk untuk kebutuhan desa, seperti untuk hand sanitizer, nanti akan disiapkan.

Plt Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiyono menjelaskan, anggaran Rp 5 miliar untuk belanja kebutuhan penanganan virus corona yang bersumber dari pergeseran anggaran di internal dan telah disesuaikan dengan rencana.

”Anggaran itu untuk kebutuhan belanja. Seperti beli alat untuk penyemprot, bahan disinfektan, masker non medis, masker N-95, alat pengukur suhu, hand sanitizer, sarung tangan dan sepatu karet,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here