Pemuka Agama Tangsel Tolak Kampanye di Rumah Ibadah

TANGERANG, (KB).- Para pemuka agama di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menolak kampanye politik di rumah ibadah. Mereka sepakat tidak akan menerima politisi yang datang untuk berkampanye di tempat ibadah.

Kesepakatan itu disampaikan pada Deklarasi Pelarangan Kampanye Politik di Rumah Ibadah yang berlangsung di Kelenteng Khong Hu Cu, Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel, Kamis (21/2/2019).

Deklarasi dihadiri sejumlah tokoh lintas agama dan pengurus rumah ibadah. Pejabat daerah juga hadir pada deklarasi tersebut. Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel mengklaim hingga saat ini belum ada laporan pelanggaran kampanye di tempat ibadah.

“Kami belum menerima laporan soal itu (kampanye di tempat ibadah),” kata Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro.

Menurut dia, pada peraturan dan UU tentang kampanye sudah diatur bahwa tempat ibadah dilarang menjadi tempat kampanye. ”Dan deklarasi ini sekaligus menyosialisasikan hal tersebut agar masyarakat tahu kampanye di tempat ibadah itu dilarang,” ujarnya.

Selain mengajak masyarakat agar tidak melakukan kampanye di rumah ibadah, deklarasi juga untuk menjaga kerukunan antarumat beragama.

Sementara itu, surat suara Pemilu untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Kamis (21/2/2019). Pendistribusian surat suara menggunakan kontainer dengan pengawalan pasukan bersenjata lengkap dari Polresta Tangerang.

Sekretaris KPU Kabupaten Tangerang Willy Patria mengatakan, sebanyak 750 ribu surat suara DPR RI diterima hari ini. Nantinya, surat suara disimpan di gudang kantor KPU Kabupaten Tangerang. ”Rencananya Ahad akan diadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Lapangan Kecamatan Sukamulya,” ucapnya.

Untuk diketahui, jumlah pemilih terbanyak di Provinsi Banten berada di Kabupaten Tangerang. Daftar Pemilih Tetap sebanyak 2.119.467 jiwa. Jumlah ini tersebar di 29 kecamatan, 28 kelurahan, dan 246 desa. Adapun Tempat Pemungutan Suara mencapai 9.010 titik. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here