Pemudik Kendaraan Umum Turun 11 Persen

CILEGON, (KB).- Jumlah penumpang pengguna kendaraan umum selama arus mudik 2018 ini, mengalami penurunan hingga 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tampaknya para pemudik tersebut telah beralih dari kendaraan umum kepada kendaraan pribadi.

Kepala Terminal Terpadu Merak (TTM) Sugiyo menerangkan, hingga hari H arus mudik, pihaknya mencatat sebanyak 82.385 penumpang turun di TTM. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan data 2017, dimana 94.569 penumpang turun untuk menyeberang menggunakan jasa Pelabuhan Merak.

“Tadinya kami pikir akan terjadi peningkaan, tahunya turun 11 persen,” katanya saat ditemui di Pos Pengawasan Terpadu TTM, Selasa (20/6/2018).

Menurut Sugiyo, melihat dari kenaikan jumlah penumpang kendaraan roda dua selama arus mudik, menandakan para pemudik yang pada tahun lalu menggunakan kendaraan umum telah beralih menggunakan kendaraan roda dua.

“Kelihatannya para pemudik yang tahun lalu menggunakan kendaraan umum, sekarang pakai kendaraan roda dua,” ujarnya.

Sementara bicara arus balik, Sugiyo mengatakan hingga H+3 saat ini, belum terlihat tanda-tanda puncak arus balik. Meskipun para pegawai negeri dan swasta mayoritas memasuki masa kerja, Kamis (21/6/2018).

“Logikanya sih, karena pegawai negeri dan swasta akan kembali masuk kerja besok, dari kemarin ada peningkatan jumlah penumpang yang naik di TTM. Tapi ini tidak,” ujarnya.

Untuk itulah, pihaknya memprediksi jika puncak arus balik akan terjadi akhir pekan ini.

“Kelihatannya kalau tidak Jumat (22/6/2018), Sabtu (23/6/2018) terjadi puncak arus balik,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here