Rabu, 22 Agustus 2018

Pemuda Harus Kreatif

PEMBANGUNAN yang dilaksanakan pemerintah di bidang kepemudaan dapat dimaknai sebagai strategi yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan peran serta pemuda dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Pemuda harus diperhatikan dan dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang.

Hal itu dikatakan Lurah Karang Asem Mansur Sainan, dalam kegiatan pembinaan kapasitas kepemudaan yang digelar di Aula Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber, Selasa (21/11/2017).
Ia menuturkan, kegiatan pembinaan pemuda merupakan suatu strategi untuk menjadikan perhatian dan pengalaman tentang masalah kepemudaan sebagai sebuah dimensi integral mulai dari desain, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kebijakan dan program, di semua bidang baik politik, ekonomi dan sosial, agar pemuda bisa kreatif mendapatkan manfaat yang setara.

Menurut dia, program pembinaan kepemudaan harus lebih ditingkatkan untuk menumbuhkembangkan motivasi dan kreativitas pemuda karena pemuda merupakan generasi penerus dan berpotensi besar dalam pembangunan daerah karena usia mereka yang masih produktif. “Karena itu, program pembinaan kepemudaan tidak semata-mata memberi pengetahuan tetapi juga memberikan wawasan yang bermanfaat bagi kehidupan para pemuda sehari-hari. Dan kami berharap para pemuda yang mengikuti kegiatan ini dapat mengambil intisari apa yang disampaikan oleh narasumber nanti,” katanya.

Sekretaris Kelurahan Karang Asem Hilman Setiaji menuturkan, pemuda merupakan salah satu modal dasar pembangunan yang perlu dihimpun dan dibina agar benar-benar mampu mengambil peran aktif dalam pembangunan di daerah. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Di tangan pemuda pembangunan bangsa ini akan berjalan sesuai dengan harapan para pemimpin negara.

Dewasa ini peran aktif pemuda tersebar melalui berbagai wadah, salah satunya melalui pembinaan lembaga kepemudaan. “Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim antar sesama pemuda, dimana yang hadir mewakili dari beberapa RT dan RW. Selain itu, tujuan kegiatan ini juga sebagai pemberdayaan pemuda yang kreatif, serta mempersiapkan pemuda di era globalisasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang rutin setiap tahun dilaksanakan ini bertujuan untuk menjadikan pemuda Karang Asem sebagai agen perubahan lingkungan, menambah wawasan dan pengetahuan pemuda untuk dijadikan social control dalam pembangunan kelurahan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Pemkot Cilegon. “Kami berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memahami dan bisa mengaplikasikannya dilingkungannya masing-masing,” ucap Hilman.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Cibeber M.Hatta mengatakan, pemuda bisa menjadi pelopor perubahan. “Jangan terlena dengan perkembangan yang demikian pesat terutama di bidang teknologi,” ucapnya. Ia mengingatkan, jangan sampai para pemuda di Kelurahan Karang Asem ini ikut-ikutan dalam hal negatif yang nanti akan mempersulit perkembangan dirinya sendiri. Jauhilah narkoba, obat-obatan terlarang, seks bebas. Karena hal itu akan menjerumuskan ke dalam jurang yang dalam. (Himawan Sutanto)***


Sekilas Info

Proyek Betonisasi Bermasalah

CILEGON, (KB).- Proyek pembuatan jalan beton di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Jombang, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *