Pemprov Banten Usulkan 4.000 Calon ASN

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memastikan akan membuka lowongan calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2018. Pemprov telah mengusulkan sekitar 4.000 formasi CASN ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin mengatakan, jumlah 4.000 formasi tersebut sesuai dengan hasil analisa jabatan (anjab) dan analisa beban kerja yang dilakukan pemprov beberapa waktu lalu.

“Sesuai anjab kurang lebih 4.000-an formasinya, jumlah tersebut ideal sesuai kebutuhan yang ada. Tapi, biasanya (yang disetujui hanya) ratusan lah,” kata Komarudin, Rabu (9/5/2018).

Saat ini, kata dia, Pemprov Banten masih menunggu pengumuman resmi untuk jadwal seleksi dan formasi CASN dari BKN. “Sekarang menunggu penetapan formasinya dari Menpan,” ujarnya.

Selain usulan formasi tersebut, ada juga pernyataan dari gubernur tentang kesiapan untuk menggaji CASN sejumlah formasi yang diusulkan. Hal tersebut sebagai persyaratan daerah untuk mendapat jatah formasi CASN.

Diketahui formasi CASN 2018 tidak akan diberikan kepada daerah yang memiliki realisasi belanja pegawai di atas 50 persen terhadap APBD.”Ada pernyataan dari gubernur tentang kesiapan untuk menggaji. (APBD) Banten enggak lebih dari 50 persen,” ucapnya.

Ia memperkirakan penerimaan CASN dibuka Juni mendatang. “Kemarin itu (awalnya) bulan April ya tapi ternyata belum. Mungkin bulan Juni,” ucapnya.
Ia mengatakan, pemprov sudah siap melaksanakan proses tes Computer Assisted Tes (CAT). Rencananya, seleksi akan dipusatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Banten di Kabupaten Pandeglang.

“Kita sudah siapkan untuk proses seleksinya. Termasuk survei tempat, bahan juga sudah disiapkan. Nanti dipusatkan di Pandeglang, badan diklat (BPSDMD),” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahan seleksi terdiri atas kompetensi dasar dan kompetensi bidang. “Kompetensi dasar itu dari BKN, sementara kompetensi bidang diserahkan ke daerah,” kata Komarudin yang juga menjabat Penjabat Bupati Tangerang ini.

Dalam hal kebijakan daerah, ia berharap seleksi nanti tidak hanya melihat aspek kompetensi dan latar belakang pendidikan. Tetapi juga potensi pegawai dari hasil assessment.

“Saya mau coba mencari strategi baru. Selama ini yang dilihat latar belakang pendidikan dan CAT itu. Sementara dari sisi potensi dari assessment itu yang belum pernah dilihat. Saya berharap assessment itu sudah mulai dipakai. Nanti seleksi itu bekerja sama dengan asesor,” ujarnya.

Sebelumnya, Menpan RB Asman Abnur mengatakan, pemerintah saat ini sedang menyusun formasi untuk penerimaan CASN tahun 2018. Penyusunan ini diperkirakan akan rampung pada bulan Mei. Menpan memberi bocoran bahwa CASN yang akan direkrut untuk penerimaan tahun ini sekitar 200 ribu orang. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here