Selasa, 13 November 2018
Sejumlah pengunjung sedang menikmati pemandangan dari atas menara Masjid Agung Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (8/2/2018).*

Pemprov Banten Siapkan Rp 70 Miliar untuk Penataan Tahap Awal, Banten Lama Berkiblat ke Masjidil Haram

SERANG, (KB).- Penataan kawasan inti situs Banten Lama mulai digarap tahun ini. Perubahan wajah Kota Tua yang merupakan sisa kejayaan Kerajaan Islam Banten tersebut, di antaranya berkiblat ke Masjidil Haram, Mekah. Untuk penataan tahap awal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyiapkan anggaran senilai Rp 70 miliar.

“Sekarang garap plaza. Plaza itu tampak depan. Pak Gubernur ingin seperti di Mekah (Masjidil Haram). Nanti, di situ lantainya pakai marmer semua, termasuk area depan masjid. Jadi 5.000 orang bisa salat di situ. Kita buat dengan tatanan, komposisi yang baik supaya saat lantai diinjak itu terasa dingin. Kalau sekarang kan masih paving block,” kata Asisten Daerah (Asda) II Bidang Pembangunan, Ino S Rawita, Kamis (8/2/2018).

Selain itu, di area tersebut akan dibangun sejumlah air mancur yang bisa digunakan untuk berwudu. “Nanti ada air mancur yang bisa dipakai wudu. Pokoknya akan dibuat seindah mungkin. Jadi kawasan Banten Lama ini ada untuk tempat ibadahnya dan juga ada rekreasinya,” kata Ino.

Saat ini, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) masih memproses lelang pekerjaan tersebut dengan alokasi anggaran Rp 70 miliar.”Sementara ini tampak muka dulu. Lainnya bertahap. Nanti ada juga partisipasi dari BUMN, ada BPJS ketenagakerjaan mau nyumbang taman. Mungkin BI (Bank Indonesia) nanti bikin apa di situ. Semacam CSR (Corporate Social Responsibility). Supaya sama-sama memiliki, bahwa ini ikon Banten,” tuturnya.

Senada dikatakan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Menurutnya, kawasan Banten Lama akan dipoles menjadi destinasi wisata religi berkelas internasional.”Ya, (termasuk) lantainya (seperti di Mekah). Insya Allah kita punya cita-cita dan ini sudah kita anggarkan dan sudah terancang, termasuk grand desainnya. Kita akan memoles Masjid Agung Banten Lama menjadi salah satu objek wisata religi bertaraf internasional,” ujarnya.

Ia meminta dukungan semua pihak agar penataan kawasan Banten Lama bisa dirampungkan sesuai target yakni 3 tahun. “Banten Lama masuk dalam visi misi gubernur dan wakil gubernur. Jadi harus segera terealisasi, target kita 3 tahun insya Allah minta doanya,” kata politisi Golkar ini.

Saat ini, proses lelang pekerjaan tersebut masih tahap lelang konsultan. Diperkirakan lelang pekerjaannya dimulai pada April mendatang. “(yang akan ditata) Pokoknya kawasan depan masjid, plaza masjid, alun-alun masjid dan Benteng Surosowan. Intinya pintu masuk atau muka dari Masjid Agung dulu. Nanti ada air mancur, ada spot untuk foto, ada wilayah khusus pedagang kaki lima,” ucapnya. (RI)***


Sekilas Info

Foto Bugil Mantan Disebar di Facebook

AM (22) janda asal Kabupaten Pandeglang melaporkan mantan suaminya berinisial AN ke Polda Banten, Senin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *