Pemprov Banten Sediakan 2.000 Kursi Mudik Gratis

mudik gratis pemprov banten

SERANG, (KB).- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten kembali memfasilitasi para pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya pada Idulfitri 1438 Hijriyah tahun 2017 ini. Dishub melayani pemudik dengan 11 tujuan, yakni Tasikmalaya, Cirebon (Jawa Barat), Kota Tegal, Purwokerto, Magelang, Semarang, Solo (Jawa Tengah), Madiun (Jawa Timur), Daerah Istimewa Yogyakarta, Bandar Lampung, dan Palembang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Revri Aroes mengatakan, kuota mudik gratis yang disiapkan pemprov sebanyak 2.000 orang. “Jika dibanding kuota pada tahun sebelumnya, pada tahun ini menurun jumlahnya. Kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran,” ujar Revri Aroes, kepada wartawan, Senin (29/5/2017). Ia menyebutkan, kesebelas kota tujuan mudik gratis itu sebagian besar berada di Pulau Jawa. “Daerah lain tujuan di luar Pulau Jawa itu Bandar Lampung dan Palembang,” kata Revri.

Pendaftaran mudik gratis tersebut dibuka sejak 29 Mei sampai dengan 16 Juni mendatang. Pemberangkatan dimulai pada 22 Juni 2017 sekitar pukul 14.00 di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Ia menuturkan, pelayanan mudik gratis tersebut bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan pulang kampung dari Banten ke daerah tujuan. Selain itu, mudik gratis tersebut dalam upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khususnya yang melibatkan kendaraan sepeda motor pada masa angkutan Lebaran 2017, serta terciptanya kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dari Banten ke daerah tujuan tertentu. “Kami siapkan 40 bus AC untuk mengangkut sekitar 2.000 pemudik dari Banten ke daerah tujuan,” ujarnya.

Presiden bahas lebaran

Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Kabinet Paripurna membahas persiapan menghadapi Lebaran 2017 atau Idulfitri 1438 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (29/5/2017). Rapat Kabinet Paripurna yang dimulai sekitar pukul 15.45 itu juga membahas pemantauan harga-harga bahan pokok.
Rapat yang dihadiri Wapres M Jusuf Kalla juga membahas upaya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Seusai Rapat Kabinet Paripurna dijadwalkan Presiden Jokowi bersama para menteri dan pejabat setingkat menteri buka puasa bersama.

Rapat kabinet membahas persiapan Lebaran 2017 merupakan lanjutan dari rapat kabinet yang pernah digelar sebelumnya pada awal April 2017. Saat itu Presiden Jokowi meminta agar persiapan menghadapi Idulfitri 1438 Hijriah lebih baik. “Alangkah baiknya apabila kita memberikan perhatian bersama, terutama dalam rangka persiapan yang semakin baik dari tahun ke tahun,” ucap Jokowi.

Beberapa hal yang menjadi fokus Jokowi saat itu adalah pertama soal ketersediaan barang pokok. Kedua, berkaitan dengan sarana dan prasarana transportasi. “Ketiga, berkaitan dengan persiapan dari sisi keamanan,” tuturnya. Jokowi berharap umat Islam yang menjalankan ibadah saat Ramadan dapat melaksanakannya dengan tenang dan aman. “Saya berharap dengan persiapan yang lebih awal, lebih baik, pada Ramadan tahun ini, kaum muslimin-muslimat dapat menjalankan ibadah puasanya dengan tenang, aman dan nyaman,” kata Jokowi. (H-42/Ant)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here