Pemprov Banten Dukung Geopark Ujung Kulon

PANDEGLANG, (KB).- Sekda Banten Al Muktabar mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten siap mendukung percepatan penetapan Geopark Ujung Kulon di Pandeglang.

“Bupati telah menyampaikan untuk ditetapkannya Geopark Ujung Kulon butuh dukungan administratif dari Provinsi Banten. Untuk itu, kami berbagi tugas mengerjakan rencana aksi sesuai kewenangan Pemprov Banten,” kata Sekda Banten Al Muktabar saat rapat pengembangan Geopark Ujung Kulon di Pendopo Pandeglang, Senin (20/1/2020).

Menurut Al Muktabar, sebagai bentuk dukungan administratif, pemprov akan mempersiapkan hal yang dibutuhkan guna suksesnya Geopark Ujung Kulon.

“Kita lihat sesuai segmentasi, mana yang sifanya teknis dan mana yang bisa dilakukan kapasitas antar wilayah,” tuturnya.

Menurut Al Muktabar, penetapan geopark adalah salah satu upaya menjaga kelestarian alam.

“Potensi yang dimiliki harus dilestarikan, seperti halnya di Pandeglang yang memiliki banyak sumber daya alam,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang Irna Narulita membenarkan jika untuk penetapan Geopark Ujung Kulon butuh dukungan administratif dari Provinsi Banten.

“Kita ada di wilayah Banten, tentu harus ada dukungan administratif dari pihak provinsi,” ujarnya.

Namun demikian, Irna meyakini apabila Geopark Ujung Kolon ditetapkan akan mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pandeglang.

”Yang pastinya ini akan berdampak untuk kemajuan daerah di Banten khususnya Banten Selatan. Sehingga wilayah ini bisa setara dengan kabupaten lainnya yang ada di Banten Utara, jadi wajar kalo kami ingin segera geopark ini ditetapkan,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here