Senin, 18 Februari 2019

Pemprov Banten Buka Peluang Jadi Petugas Haji

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi Banten memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti rekrutmen calon petugas haji daerah 2019. Kepala Biro Kesra Pemprov Banten, Irvan Santoso, mengatakan calon peserta harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan.

Persyaratan yang harus dipenuhi, kata Irvan, yakni WNI berdomisili di Provinsi Banten, sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter, memiliki kompetensi dan keahlian sesuai bidang tugas, berintegrasi dan bersedia menandatangani pakta integritas.

Selain itu, Pegawai Negeri Sipil/Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia/tokoh agama/tokoh masyarakat/pembimbing dari unsur Kelompok Bimbingan dan/ pegawai tetap di rumah sakit/klinik swasta;

“Kemudian, memiliki kondite baik dan tidak terlibat dalam proses hukum yang sedang berlangsung dan surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian. Belum pernah menjadi petugas haji daerah Provinsi Banten yang didanai dari APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Surat permohonan ditujukan kepada Gubernur Banten,” kata Irvan.

Dikatakannya, calon petugas haji juga harus memenuhi persyaratan khusus yang dibagi dalam tiga bidang. Yakni, pelayanan bimbingan ibadah, bidang pelayanan umum, dan bidang pelayanan kesehatan.

Syarat pelayanan bimbingan ibadah, yakni umur paling rendah 30 tahun dan paling tinggi 70 tahun pada saat mendaftar. Pernah menunaikan ibadah haji. Berasal dari unsur kelompok bimbingan atau unsur Kementerian Agama. Dapat membaca Alquran dengan baik.

Pembimbing dari unsur KBIH atau yang direkomendasikan oleh KBIH yang terdaftar di Kementerian Agama (ASLI). Wajib memiliki kemampuan dibidang peribadatan dan ilmu manasik haji. Memiliki kemampuan untuk membimbing ibadah haji dan umroh. Diutamakan mampu berbahasa Arab atau Inggris.

Sementara persyaratan bidang pelayanan umum, kata Irvan, meliputi umur paling rendah 25 tahun dan paling tinggi 60 tahun pada saat mendaftar. Diutamakan berpendidikan paling rendah sarjana atau sederajat. Pegawai Negeri Sipil/TNI/POLRI melampirkan rekomendasi dari pimpinan tertinggi unit kerja masing-masing (ASLI).

Memiliki kemampuan manajerial. Diutamakan sudah menunaikan ibadah haji. Memahami ilmu manasik haji, alur perjalanan ibadah haji dan peraturan perhajian. Dapat membaca Alquran. Diutamakan mampu berbahasa Arab atau Inggris.

Adapun persyaratan bidang pelayanan kesehatan, tambah Irvan, umur paling rendah 25 tahun dan paling tinggi 55 tahun pada saat mendaftar. Berprofesi dokter. Melampirkan rekomendasi dari pimpinan tertinggi unit kerja masing-masing (ASLI). Diutamakan sudah menunaikan ibadah haji. Memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dan memiliki komitmen terhadap kesehatan jemaah haji. Diutamakan mampu berbahasa Arab atau Inggris.

Tata cara

Irvan mengungkapkan, persyaratan calon petugas haji diserahkan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi Petugas Haji Daerah, Masjid Raya Al-Bantani Lantai Dasar Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Jl. Syeh Nawawi Al- Bantani, Palima Kota Serang Banten.

“Persyaratan Calon Petugas Haji Daerah dimasukkan ke dalam map bertuliskan nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15- 28 Januari 2019,” katanya.

Disebutkan, surat permohonan dilengkapi fotocopy KTP, kartu keluarga (KK), ijazah terakhir yang telah dilegalisir, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter (asli), surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian (asli), dan foto warna dengan latar berwarna merah ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. “Bagi calon petugas haji yang lulus seleksi akan diumumkan melalui website: bantenprov.go.id,” ungkap Irvan. (DE)*


Sekilas Info

Penertiban Bangunan Liar di Kalimati, Warga Ditenggat Hingga Triwulan II

SERANG, (KB).- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang belum menertibkan bangunan tidak …

One comment

  1. Terima kasih atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *