Pemkot Tangsel Setop Operasional Puskesmas Pamulang

TANGERANG, (KB).- Puskesmas Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sejak Jumat (20/3/2020) tidak melayani bagi pasien umum. Pemerintah daerah setempat mengalihkan pelayanan kesehatan ke lokasi lainnya.

Sebab, mulai hari itu dikhususkan untuk menangani pasien orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang diindikasi terpapar virus corona.

“Katanya mau dikhususkan buat layanan pemeriksaan corona,” kata Aji pegawai Puskesmas Pamulang, di Jalan Surya Kencana, Pamulang Barat, Jumat (20/3/2020).

Bahkan, nampak mobil pikap mengangkut perabotan. Semua perangkat di Puskesmas Pamulang dipindahkan sementara ke Pamulang Timur.

Ia menuturkan, sesuai instruksi pimpinan seluruh ruangan yang ada di Puskesmas Pamulang harus steril dari barang-barang dan peralatan kesehatan.

“Ya doanya cukup. Jangan doanya puskesmas ini enggak nampung buat pasien corona,” tuturnya.

Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinas Kesehatan Tangsel Imbar Umar Ghazali membenarkan hal tersebut.

“Benar adanya kalau di Puskesmas Pamulang akan kami alihkan untuk tangani pasien orang dengan pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang diindikasi terpapar virus corona,” ucapnya.

Menurut dia, bagi warga di Kelurahan Pamulang Barat dipersilakan berobat ke Puskemas Pondok Benda, Benda Baru, Pondok Cabe Ilir, Bambu Apus, dan Puskesmas Pamulang Timur.

Lebih lanjut, dia menyatakan, Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel kewalahan, karena sudah banyak menangani warga pasien yang diduga suspect corona.

Adapun Puskemas Pamulang merupakan penyangga jaraknya kurang dari satu kilometer. “Dan lokasi puskemas alternatif masih berada di Kecamatan Pamulang,” katanya.

Berdasarkan data info corona yang tersaji pada situs resmi milik Pemerintah Provinsi Banten per Kamis (19/3/2020), pukul 20.30 WIB, pasien dalam pengawasan asal Kota Tangsel yang telah dinyatakan sembuh ada dua orang. Adapun pasien yang masih dirawat sebanyak 26 orang. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here