Pemkot Tangsel Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mall Teras Kota, Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangsel, Ahad (23/2/2020).*

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mall Teras Kota, Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangsel, Ahad (23/2/2020).

ADM tersebut merupakan fasilitas untuk mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan, seperti mengambil uang di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Dengan adanya ADM tersebut, masyarakat Kota Tangerang Selatan tak perlu lagi khawatir akan kesibukannya dan tinggal datang ke lokasi ADM di Teras Kota, BSD, Kota Tangsel.

“Dengan adanya ADM, masyarakat akan mendapatkan layanan yang lebih baik lagi karena jarak yang semakin pendek. Sekarang pelayanan ada di Mall, kemarin ada di Living World, sekarang ada di Teras Kota. Target kita bisa dibanyak tempat strategis. Ini bisa memperpendek jalur birokrasi dan peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat,” ujar Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Masyarakat saat mencoba menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Teras Kota, BSD, Kota Tangsel.*

Menurut Airin, kalau di kantor Disdukcapil hanya ada dari hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 7.30 WIB hingga 16.30 WIB sesuai jam kantor. Tapi kalau di Mall bisa setiap hari sesuai dengan jam tutup mall. Tentunya ini menjadi alternatif pilihan.

“Saya tahu persis 50 persen lebih masyarakat Kota Tangsel bekerja di Jakarta. Terkadang, di hari libur mereka ingin melakukan pelayanan atau mendapatkan pelayanan tapi kantor tutup. Jadi, ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat. Khususnya untuk pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil,” ujar Airin.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Dedi Budiawan menuturkan, ADM saat ini bisa memproduksi tujuh administrasi kependudukan, antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Pekawinan dan Akte Perceraian.

“Informasi dari Kemendagri, ada 22 yang bisa diproduksi oleh alat ini,” tuturnya.

Dedi menjelaskan, ADM ini adalah yang pertama di Indonesia. Tahun lalu, 67 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia berkunjung.

“ADM ini sudah dimiliki Pemkot Tangsel sejak November 2019 dan itu menggunakan anggaran di perubahan,” ujar Dedi.

Ia mengungkapkan, cara kerja dari ADM adalah pertama registrasi dari Dinas Kependudukan.

“Jadi warga tidak perlu datang ke Dukcapil. Maka verifikasi dilakukan di sini, ADM tidak betul-betul mandiri hanya saja tetap di verifikasi, di validasi. Saat ini, kita masih memakai kuota 100 per hari,” ujar Dedi. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here