Pemkot Tangsel Akan Revisi Perwal Waktu Operasional Truk

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mewacanakan akan merevisi Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengaturan Waktu Operasi Kendaraan Angkutan Barang. Perwal tersebut, belum pernah direvisi sejak diberlakukan, sementara kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk besar sering terjadi.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan evaluasi. Perwal tersebut menyebutkan, truk bertonase lebih dari 8 ton hanya dapat beroperasi sejak pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Selain itu, batas wilayah yang diatur dalam Perwal tersebut, hanya berlaku untuk lima koridor. “Wilayah Ruas Jalan Serpong (Batas Kota Tangerang-Batas Kabupaten Bogor), Muncul , Pamulang, Ciputat, dan arah ke Jakarta. Dalam evaluasi ini, akhirnya semua wilayah (ruas Jalan di Tangsel) kami akan memperjelas pelarangan itu,” katanya, Ahad (20/10/2019).

Lebih lanjut, dia menambahkan, pihaknya juga akan merevisi batas waktu yang berlaku dalam perwal. “Mereka (sopir truk) harus bergerak dari pukul 21.00 WIB sampai 05.00 WIB. Saya tidak ingin ambil risiko lagi untuk keselamatan warga,” ujarnya.

Ia berharap, revisi tersebut, secepatnya bisa terealisasi, sehingga payung hukum terkait waktu operasional truk angkutan barang segera diberlakukan. “Kalau ada yang melanggar akan ditilang. Kami sudah kerja sama dengan pihak kepolisian,” ucapnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here