Minggu, 19 Agustus 2018

Pemkot Tangerang Wacanakan Penanganan PMKS

TANGERANG, (KB).- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang menggelar kegiatan peningkatan kualitas SDM kesejahteraan sosial tahun anggaran 2018. Kegiatan berlangsung di Gedung Cisadane, Jalan KS Tubun, Kota Tangerang, Selasa (13/3/2018). Dalam kegiatan tersebut, Dinsos Pemkot Tangerang mewacanakan program penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Acara tersebut dibuka resmi Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang, H M Yusuf. Dalam acara tersebut, dia mengatakan, secara umum tugas pemerintah dalam pembangunan nasional, adalah meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. “Selain pembangunan fisik infrastruktur, tugas pemerintah juga dalam melakukan pembangunan sosial di masyarakat,” katanya, Selasa (13/3/2018).

Ia berharap, agar pembangunan kesejahteraan sosial dilakukan terencana dan berkesinambungan. Meski demikian, lanjut dia, untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dibutuhkan peran serta masyarakat dan pilar-pilar sosial sebagai ujung tombak dalam pembangunan kesejahteraan sosial di kota Tangerang. “Karenanya, pelatihan ini untuk memberikan pemahaman, agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional. Karena, pekerja sosial yang ada di Kota Tangerang memiliki tanggung jawab untuk dapat mengangkat kualitas hidup para PMKS,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk menopang pembangunan kesejahteraan masyarakat dibutuhkan ketersediaan data yang lengkap dan akurat terkait jumlah PMKS bagi pemerintah daerah. Karena, pemkot membutuhkan data yang aktual dan faktual sebagai acuan dalam merencanakan program penanganan PMKS di Kota Tangerang.
“Kalau datanya tidak akurat, ya pemda akan kesulitan, misalnya nanti ada pemberian bantuan,” tuturnya.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 150 peserta, terdiri dari unsur TKSK, PSM, dan ORSOS/LKS. Ia menjelaskan, untuk menunjang kegiatan tersebut, ada pemberian tambahan penghasilan bagi TKSK, PSM, dan PKH mulai Oktober 2018 sebagai uang jasa pelayanan PMKS. “Dengan jumlah sebesar Rp 1 juta untuk TKSK dan Rp 200.000 untuk PSM setiap bulannya,” katanya. (DA)***


Sekilas Info

Pemkab Tangerang Minta Masyarakat Beli Hewan Kurban Berlabel

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melakukan pengecekan terhadap hewan kurban terkait kesehatan dan kewaspadaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *