Pemkot Tangerang Terapkan Sistem “QR Code” di Job Fair

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) menerapkan sistem QR Code untuk para pencari kerja yang mengikuti kegiatan job fair.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Rakhmansyah mengatakan, para pencari kerja untuk pertama kali harus mendaftar melalui sistem online dengan mengunduh aplikasi Tangerang LIVE di PlayStore maupun AppStore.

Dengan layanan QR Code, maka para pencari kerja tak perlu lagi membawa berkas seperti pada umumnya sebab sudah datanya sudah tersimpan di QR Code.

“Ini inovasi baru atas evaluasi kami di job fair sebelumnya yang masih menggunakan sistem manual,” katanya.

Perlu diketahui, Pemkot Tangerang menggelar job fair yang dilaksanakan di GOR Balai Rakyat Karawaci dengan berbagai profesi lowongan pekerjaan. Ada sekitar 2001 lowongan pekerjaan dengan formasi 159 jabatan mulai dari sales, operator, staf hingga asisten manajer,” ujarnya.

Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pencari kerja, pihak Disnaker juga telah membagi beberapa sesi.

“Dalam satu sesi kami kuotakan 150 pencari kerja untuk memilih lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi,” ucapnya.

Selain di Karawaci, Kegiatan job fair juga dilaksanakan di Kantor Kecamatan Batuceper pada Selasa (19/2/2019).

Perlu diketahui, Pemkot Tangerang telah membuat layanan info lowongan kerja yang berada dalam portal Tangerang LIVE. Setiap harinya, info lowongan pekerjaan dari berbagai industri selalu diperbarui, sehingga dapat membantu kebutuhan pencari kerja.

Proses pengiriman sangat mudah, sebab sudah disiapkan info syarat administrasi kebutuhan lamaran kerja serta lokasi pabrik dan spesifikasi lainnya.

“Jadi, kalau ada yang membutuhkan lowongan kerja, maka bisa melihatnya di aplikasi lowongan kerja melalui aplikasi Tangerang LIVE,” tuturnya. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here