Pemkot Tangerang Siapkan Info ”Loker Online”

TANGERANG, (KB).- Para pencari kerja (pencaker) bisa memanfaatkan portal Tangerang LIVE dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan (loker) jika mengalami kendala dalam proses melamar di job fair saat ini. Kepala Dinas Kominfo, yakni Tabrani di Tangerang, Rabu (25/7/2018) menjelaskan, portal Tangerang LIVE berisi sejumlah aplikasi layanan masyarakat, di antaranya mengenai ketenagakerjaan yang menyediakan info loker.

Warga bisa mengunduh portal tersebut, di PlayStore dan mendapatkan banyak layanan termasuk pengaduan kepada pemerintah. “Kan di situ juga terdaftar perusahaan-perusahaan mana saja lagi buka lowongan, jadi masyarakat gak perlu bingung,” katanya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmamsyah menuturkan, penerapan loker online pada job fair tahun depan nanti tak lain untuk menghindari penumpukan para pencari kerja dan sekaligus mempermudah proses melamar kerja. “Yang pasti Dinas Ketenagakerjaan akan bersinergi dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang mengenai Job Fair 2019 berbasis online nanti,” ucapnya.

Untuk diketahui pada hari pertama pembukaan Job Fair 2018 yang digelar Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang di Mall Metropolis Town Square, Cikokol, Selasa (24/7/2018), berdesak-desakan hingga banyak pencari kerja terinjak-injak dan juga jatuh pingsan.

Ia mengklaim, sudah mengevaluasi masalah tersebut dan sudah mempunyai strategi, agar kejadian serupa tak terulang kembali. “Sekarang harus tertib, kami atur, agar tidak ada desak-desakan lagi,” ujarnya ketika ditemui hari kedua pagelaran job fair, di Mall Metropolis Town Square, Rabu (25/7/2018).

Ia menerangkan, terjadi penerapan yang berbeda pada hari kedua, yakni aturan keterbatasan jumlah para pencari kerja yang diperbolehkan masuk ke arena job fair.  “Ada batasannya sekarang. Dibagi – bagi waktunya. Kloter pertama masuk 60 orang, kloter kedua 70 orang, dan selanjutnya,” tuturnya.

Menurut dia, aturan tersebut berjalan situasional. Penambahan personel gabungan diterjunkan dalam acara tersebut. “Posko medis kami siapkan. Ada tambahan petugas gabungan. Dari sekuriti, polisi, dan Dinas Kesehatan,” katanya. Sedangkan, saat disinggung banyaknya pencari kerja yang terinjak-injak di hari pertama pembukaan Job Fair 2018, dia mengatakan, hal tersebut, dikarenakan banyaknya para pencari kerja yang datang hingga membeludak dalam acara bursa pencarian kerja tersebut.

“Tiba-tiba saja mereka masuk, padahal acaranya belum mulai,” ujarnya. Alhasil suasana di dalam penuh sesak. Mereka saling berdesak-desakan. Sejumlah korban berjatuhan. Para wanita bahkan terinjak-injak dan mengalami luka-luka. “Kami langsung melakukan evaluasi, agar kejadian ini tidak terulang kembali,” ucapnya.

Pemkot Tangerang pada job fair tahun ini hanya prioritaskan untuk masyarakat Kota Tangerang saja. Hal tersebut, bertujuan untuk menekan angka jumlah pengangguran, yang memang masih terbilang tinggi. Jika pada 2017 mencapai 79.000 angka pengangguran, pada 2018 ini sedikit menurun, yakni 74.000.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengharapkan , ke depannya pendaftaran lowongan kerja di Kota Tangerang dapat dilakukan dengan online atau menggunakan aplikasi. “Saat masyarakat ngelamar kerja data pribadinya sudah ada di aplikasi, jadi saat datang cuma pilih perusahaan mana yang buka lowongan tinggal klik dan upload berkasnya. Nanti saya tugaskan Disnaker, mudah-mudahan e-Paper bisa diwujudkan, sehingga 2019 sudah paperless di Kota Tangerang,” tuturnya.

Selain itu, dia menginstruksikan kepada panitia pelaksana untuk memprioritaskan dahulu warga Kota Tangerang dalam proses rekrutmen, meskipun harus melihat dengan baik kompetensinya. “Saya sudah instruksikan kepada panitia untuk prioritaskan warga Kota Tangerang dahulu dan perusahaan yang ada harus melihat dengan baik kompetensi dari pelamar kerja,” katanya.

Diketahui, Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang menggelar job fair selama tiga hari sejak Selasa hingga Kamis (24-26/7/2018) dengan jumlah lowongan yang tersedia, yakni 9.000 lowongan kerja dari 48 perusahaan yang hadir membuka boot pada bursa pencarian kerja tersebut. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here