Senin, 18 Februari 2019

Pemkot Tangerang Gelar Ngabuburit Sehat Di 108 Masjid

Ngabuburit atau menunggu waktu azan Magrib akan terasa menyenangkan jika dilakukan dengan melakukan beragam kegiatan menarik dan bermanfaat. Biasanya masyarakat mengisi kegiatan ngabuburit dengan jalan-jalan atau belanja. Kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengajak masyarakat ngabuburit sambil olah raga. “Tak perlu khawatir dehidrasi, justru olah raga tetap dianjurkan, meski sedang berpuasa,” kata Kepala Diskes Kota Tangerang, Liza Puspadewi, Selasa (22/5/2018).

Ia menjelaskan, program yang diberi nama Ngabuburit Sehat (ngajak buka puasa bareng penuh keberkahan dan hidup tetap sehat) diadakan di 108 masjid yang ada di Kota Tangerang.  “Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Dinkes dan Puskesmas tetap menyapa dan menghampiri masyarakat Kota Tangerang di 108 musala dan masjid di pelosok Kota Tangerang melalui kegiatan Ngabuburit Sehat,” ujarnya.

Ia menuturkan, kebiasaan masyarakat jika puasa jadi malas beraktivitas fisik dan olah raga. ”Sebaiknya olah raga tidak ditinggalin saat puasa. Hanya saja intensitasnya yang berkurang. Karena, olah raga bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa,” ucapnya.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut, dia menerangkan, selain mensyiarkan puasa Ramadan sekaligus juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat. Untuk bisa menyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani. “Misinya adalah mengedukasi masyarakat, agar menjalankan puasa yang sehat dan tidak hanya jasmani yang kami perhatikan, kesehatan rohani pun tidak kami lupakan, dengan mewakafkan beberapa Alquran dan mukena untuk digunakan masyarakat dalam beribadah,” tuturnya.

Kegiatan Ngabuburit Sehat yang dimulai dari pukul 17.00 WIB, antara lain diisi dengan senam ringan bersama, pelayanan kesehatan, buka puasa sehat bersama, Salat Magrib, Isya, dan Tarawih berjemaah, serta pemberian wakaf Alquran dan mukena.

Infaq Alquran

Selain itu, pada Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah, Pemkot Tangerang juga akan melaksanakan infak Alquran yang dikumpulkan pegawai untuk disalurkan kepada 100 masjid. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Dadi Budaeri mengatakan, bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, yakni adanya kegiatan gerakan satu pegawai ASN mengumpulkan satu Alquran. Nantinya, ada sekitar 6.000 Alquran yang akan disalurkan ke 100 masjid di Kota Tangerang.

“Infak Alquran akan dibagikan saat Tarawih Keliling (Tarling) kepada masjid-masjid yang telah didata oleh Bagian Kesra,” katanya, Selasa (22/5/2018). Ia menambahkan, dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadan dengan syiar Islam, maka diadakan kegiatan Kampung Ramadan di tingkat kecamatan dan kelurahan. “Puncak acara Kampung Ramadan akan dilaksanakan saat malam takbiran di Masjid Raya Al-Azhom,” ujarnya. (Dewi Agustini)*


Sekilas Info

Pemkab Tangerang Luncurkan Gerai Kesehatan Ibu dan Anak

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meluncurkan gerai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada lima …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *