Pemkot Tangerang Fasilitasi Peningkatan Daya Saing Usaha IKM

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang memiliki program peningkatan daya saing usaha melalui aktivasi program pembinaan dan pengembangan industri kecil dan menengah. Upaya itu bertujuan memajukan industri di Kota Tangerang.

Kepala Disperindag Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan, Era revolusi industri 4.0 menuntut kreativitas dan fleksibilitas IKM dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar tetap eksis dan berkelanjutan.

“Tantangan terbesar yang dihadapi IKM dan UKM adalah kemampuan beradaptasi dengan teknologi yang berkembang,” ujarnya.

Dikatakannya hasil pendataan tahun 2018 mencatat jumlah pelaku industri di Kota Tangerang sebanyak 4.010 unit dan sekitar 97 persen adalah IKM dengan rincian industri kecil 3504 unit dan industri menengah 396 unit.

“Penyerapan tenaga kerja UMKM menyumbang 97 persen atau sebanyak 101 juta dari total pekerja terserap dunia usaha. IKM mempunyai potensi besar untuk maju dan berkembang, serta berkontribusi dalam mengatasi pengangguran,” tuturnya.

Oleh karenanya Pemkot Tangerang melalui Disperindag mengadakan peningkatan daya saing usaha melalui aktivasi program pembinaan dan pengembangan industri kecil dan menengah.

“Melalui pelatihan dan pembinaan, dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatkan daya saing,” tukasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here