Pemkot Tangerang Buka Seleksi Dirum PDAM Tirta Benteng

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membuka seleksi terbuka Direktur Umum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang dengan Nomor: 001/Pansel.DIR/XII/2019 tentang Seleksi Terbuka Direktur Umum (Dirum) PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang.

Dibukanya seleksi terbuka tersebut, karena PDAM Tirta Benteng selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tangerang tersebut, telah memiliki 56.000 pelanggan, sehingga dibutuhkan Direktur Umum (Dirum) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah.

Asisten Daerah II Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Indri Astuti mengatakan, dibukanya seleksi terbuka Direktur Umum PDAM Tirta Benteng disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, mengingat PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang telah memiliki 56.000 pelanggan.

“Karena sudah mencapai 56.000, maka dibuka seleksi Dirum PDAM Tirta Benteng untuk memaksimalkan kinerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang,” katanya, Ahad (8/12/2019).

Dalam seleksi terbuka terseburt, ungkap dia, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh para calon direktur umum, antara lain harus memiliki sertifikat pelatihan manajemen air minum minimal tingkat muda, dibuktikan dengan sertifikat atau ijazah dari lembaga yang telah terakreditasi, dan menyusun makalah dan rencana bisnis minimal 10 lembar dengan sistematika, yakni pendahuluan, gambaran umum PDAM Tirta Benteng, permasalahan dan tantangan pengembangan PDAM, rencana pengembangan PDAM, dan penutup.

“Mereka (peserta seleksi), harus memiliki sertifikat pelatihan manajemen air minum dan ini sudah menjadi ketentuan yang harus diikuti,” ujarnya seraya menambahkan, pendaftaran dimulai Senin hingga Jumat (9-13/12/2019) dan lamaran ditujukan kepada Panitia Seleksi Direktur Umum PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang.

Untuk sekretariat panitia berlokasi di Bagian Kerja Sama dan Perekonomian Setda Kota Tangerang, Gedung Pusat Pemerintahan Kota TangerangLantai 3. “Untuk panitia seleksi, terdiri atas unsur pemerintahan dan akademisi,” ucapnya.

Sementara, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menuturkan, saat ini PDAM Tirta Benteng sudah memiliki 56.000 sambungan pelanggan. Ke depannya akan terus bertambah. “Karena akan ada penambahan lagi, maka dibutuhkan direktur umum untuk menjalankan kerja sama demi pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia menilai, beban kerja PDAM Tirta Benteng semakin besar, sehingga warga Kota Tangerang terus meminta pelayanan air bersih, seperti di Kecamatan Periuk, Larangan, dan Ciledug. “Siapa pun nanti yang jadi direktur umum bisa bekerja sama dalam pelayanan air bersih,” katanya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here