Sabtu, 15 Desember 2018

Pemkot Serang Tunggu Aturan Turunan PP 49/2018

SERANG, (KB).- Pascaterbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), pemerintah daerah sampai saat ini masih menunggu aturan turunan berupa Peraturan Menteri (Permen) dan lainnya, salah satunya Pemkot Serang.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, Farach Richi mengatakan, kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) di Kota Serang masih tinggi. Saat ini, banyak guru honorer di Kota Serang. Dengan adanya aturan seperti ini, kata dia, akan semakin memudahkan pemenuhan kebutuhan pegawai di pemerintah daerah.

“Untuk pengangkatan tersebut, kami akan melakukan pengusulan terkait berapa guru honorer di Kota Serang yang dapat diangkat menjadi PPPK,” katanya kepada wartawan, Jumat (7/12/2018).

Meski begitu, pihaknya masih menunggu terkait bagaimana pelaksanaan teknis untuk pengangkatan PPPK bagi honorer tersebut. Untuk usulan akan tetap diserahkan kepada pemerintah daerah, namun pelaksanaan teknisnya ada di Pemerintah Pusat.

“Tetapi itu nanti jumlahnya berdasarkan usulan dari daerah, nanti apakah akan ada tes atau tidaknya, kami menunggu aturan teknisnya,” ujarnya.

Ia menuturkan, adapun untuk pembiayaan untuk kebutuhan tersebut berasal dari APBN melalui dana alokasi umum (DAU) yang ditransfer ke APBD. Menurut dia, rekrutmen PPPK dapat menjadi jalan keluar untuk mengatasi kekurangan ASN sekaligus memudahkan para honorer yang dari sisi usia melebihi 35 tahun sebagaimana persyaratan menjadi CASN.

“Dengan menjadi PPPK, maka penghasilannya setara dengan ASN, begitu juga tunjangan. Hanya bedanya tidak ada dana pensiun. Diharapkan PPPK ini bisa menambah kuota CASN yang sedikit ini dan solusi bagi honorer,” ucapnya.

Komisi I DPRD Kota Serang, Amanudin Tohan mendorong Pemkot Serang melalui BKPSDM, untuk merekrut honorer dengan mekanisme PPPK. Hal tersebut dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan pegawai yang masih kurang, sedangkan kuota ASN yang diberikan kepada Pemkot Serang oleh Pemerintah Pusat selalu jauh di bawah usulan.

“Kami pertanyakan kepada Kemenpan-RB, penilaiannya apa, karena Pemkot Serang jatahnya sedikit jauh dari kebutuhan. Tahun ini saja hanya 181 orang,” tuturnya. (TM)*


Sekilas Info

Dua Tahun, Ichsan Soelistio Bagikan 193 Unit Alsintan

SERANG, (KB).- Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Ichsan Soelistio kembali membagikan bantuan sebanyak 25 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *