Pemkot Serang Siap Optimalkan Bantuan Keuangan

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang siap memaksimalkan bantuan keuangan (bankeu) dari Provinsi Banten sebesar Rp 40 miliar pada APBD 2019. Diketahui, Pemkot Serang sebelumnya mengusulkan bankeu sebesar Rp 200 miliar.

Ketua DPRD Kota Serang Namin mengatakan, meskipun jauh dari harapan, bankeu tersebut akan tetap dimaksimalkan. “Berat gak berat mau gimana lagi, harapannya dapat Rp 50 miliar atau Rp 60 miliar. Tapi karena provinsi memberikan porsi Rp 40 miliar mau gimana lagi,” katanya, Rabu (28/11/2018).

Ia berharap, pada saat evaluasi nanti bankeu untuk Kota Serang bisa bertambah. Hal itu menurutnya karena Pemprov harus menyesuaikan dengan kebutuhan Kota Serang yang merupakan ibu kota Provinsi Banten.

“Mudah-mudahan pada evaluasi nanti provinsi dapat menyesuaikan bantuan mendekati sesuai usulan Pemkot Serang. Kota Serang ini kan etalase provinsi, saya yakin provinsi sangat mengerti kebutuhan Kota Serang,” ucapnya.

Selain itu, ia berharap bankeu tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembngunan infrastruktur di Kota Serang. Terutama infrastruktur jalan yang masih banyak jalan rusak di Kota Serang. “Kalau misalnya provinsi belum merespon usulan kita, kita akan maksimalkan anggaran yang ada,” ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang, Djoko Sutrisno mengatakan, peruntukan bankeu tersebut diarahkan pada infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. “Usulannya banyak, hampir Rp 200 miliar,” kata Djoko kepada wartawan, Rabu (28/11/2018).

Menurutnya, dari tiga prioritas yang dikehendaki Pemerintah Provinsi Banten, pembangunan infrastruktur paling besar anggarannya. Namun, hingga saat ini pihaknya belum mengatahui secara detail penganggaran bankeu dari Provinsi tersebut.

“Kan APBD Provinsi dievaluasi kementerian. Dari kementerian mereka mengusulkan evalusi. APBD disahkan bersama dewan. Pergubnya keluar, baru kemudian ke wali kota,” ucapnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here