Pemkot Serang Klaim Siap Terapkan Kenormalan Baru

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengklaim sudah siap menerapkan fase new normal atau tatanan hidup kenormalan baru. Hal itu jika berpatokan terhadap panduan kenormalan baru yang ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Hari W Pamungkas mengatakan, dalam panduan kenormalan baru, terdapat fase-fase yang harus dilalui. Diantaranya membuka beberapa sektor seperti pasar tradisional dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Untuk panduanya sudah ada dari Kemenkes, kalau saya liat untuk Kota Serang sendiri melihat dari panduannya sudah lebih siap,” kata Hari kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

Baca Juga : Jumat ini, Pemkot Serang Bahas Kesiapan Kenormalan Baru

Pihaknya, ucap Hari, akan coba membahasa lebih detail terkait kesiapan penerapan pola hidup baru itu. Sejauh ini, pembahasan yang dilakukan belum bersifat formal.

“Ini menjadi tolak ukur, tadi juga setelah halal bihalal kita membahas soal itu dan saya sudah menyampaikan kepada pimpinan dan beberapa tim gugus tugas. Namun nanti bagaimana fase-fase nya sesuai petunjuk dari Kemenkes,” ucapnya.

Saat ini, ujar dia, Pemkot Serang masih mengacu pada detail dari peraturan Kemenkes Nomor 01.07, tentang panduan untuk antisipasi penanggulangan COVID-19 untuk kalangan instansi dan industri.

“Di situ ada beberapa standarisasi yang dilakukan terkait menuju new normal,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Serang yang juga sebagai ketua tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Serang Syafrudin mengatakan, Pemkot bersama tim gugus tugas akan segera membahas terkait penerapan kenormalan baru pada pekan ini.

“Akan dirapatkan dulu dalam pekan ini, hasilnya nanti setelah dilakukan rapat,” ujar Syafrudin. (Masykur)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here