Pemkot Serang Gelontorkan Rp 2 M untuk PMI

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyerahkan hibah sebesar Rp 2 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang. Hibah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin kepada Ketua PMI Kota Serang Adde Rosi Khoerunnisa pada Musyawarah Kerja PMI Kota Serang di Masjid Baitussalam, Kota Serang, Kamis (31/1/2019).

Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, dana hibah tersebut akan digunakan untuk operasional kegiatan sepanjang 2019 dan Sekretariat PMI Kota Serang.

“Banyak hal yang masih kekurangan buat PMI, kalau UDD (Unit Donor Darah) kabupaten lain sudah, Kota Serang belum. PR kami bersama, PR Kota Serang dan harus ada UDD. Sekretariatnya juga masih belum representatif,” katanya.

Menurut dia, pemkot mengapresiasi dan mendukung langkah PMI, terlebih PMI selalu menunjukkan eksistensinya saat ada bencana baik di wilayah Provinsi Banten maupun di luar provinsi. “Maka, Pemerintah Kota Serang harus mendukung dengan langkah PMI Kota Serang ini,” ujarnya.

Pihaknya akan menyiapkan feasibility study (FS) dan detail engineering design (DED) pada tahun ini untuk UDD PMI Kota Serang.

“Kalau hibah lahan saja gak apa-apa diproses tahun ini. Ada tiga, yaitu Sumur Pecung, Penancangan yang ketiganya sesuai administrasi aset dari kabupaten ke (pemkot), saya berharap, mudah-mudahan di situ (UDD Kabupten Serang),” ucapnya.

Ketua PMI Kota Serang Adde Rosi Khoerunnisa menuturkan, hibah tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan kegiatan yang belum selesai pada tahun sebelumnya dan untuk kegiatan pada 2019 ini. Program-program tersebut, seperti pemberangkatan relawan Jumbara tingkat provinsi Banten dan kegiatan pembinaan lainnya. Selain itu, rencana program aktivasi PMI tingkat Kecamatan.

“Mudah-mudahan disetujui pada musyawarah ini. Apa itu programnya nanti kami serahkan sesuai dengan kebutuhan kecamatan masing-masing,” tuturnya.

Sementara untuk UDD, dia berharap, 2020 bisa terealisasi. Selama ini, kata dia, persediaan darah PMI Kota Serang masih bekerja sama dengan PMI Kabupaten Serang, karena tidak memiliki UDD sendiri.

“Kami inginnya hibah barang saja, jadi gedung sudah dibangunkan Pemkot Serang, tetapi bagaimanapun itu kami serahkan semua prosesnya kepada Pemkot Serang. Yang pasti kebutuhan UDD, kebutuhan markas, kebutuhan wajib,” ujarnya. (Masykur)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here