Pemkot Serang Dinilai Belum Mendukung Industri Kreatif

SERANG, (KB).- Perkembangan ekonomi kreatif di Kota Serang dinilai masih minim. Hal tersebut disebabkan, karena Pemerintah Kota (Pemkot) Serang belum bisa melindungi serta memfasilitasi para pelaku usaha lokal tersebut. Terutama mereka yang membutuhkan modal dalam pengembangan usahanya.

Anggota Komunitas Banten Creative Matt Nur mengatakan, Pemkot Serang belum bisa memfasilitasi perkembangan usaha kreatif di Kota Serang. Hal tersebut terlihat dari sulit berkembangnya pengusaha lokal di Kota Serang, khususnya bagi pelaku usaha baru yang masih belum memiliki modal besar.

Memang pelaku usaha kreatif di Kota Serang masih belum maksimal. Hal tersebut, karena belum bisa mendapatkan fasilitas dari Pemkot Serang. Hal tersebut juga sedikit berbanding terbalik dengan pengusaha dari luar, cenderung lebih mudah. Tentu ini jadi tolok ukur kami,” katanya, Jumat (15/11/2019).

Menurut dia, pelaku ekonomi kreatif di Banten, khususnya Kota Serang sudah membuktikan eksistensinya selama ini. Namun, pemerintah belum bisa memberikan dukungan dan fasilitas bagi para pelaku usaha. Padahal, banyak pengusaha muda yang tidak kalah kreatif dengan daerah lainnya. “Kami pun tidak kalah dengan Bandung dan Jogja,” ucapnya.

Ia berharap, Pemkot Serang dapat menjalin kerja sama yang baik dengan komunitas lokal dalam industri kreatif. “Karena ke depannya, industri kreatif ini dapat menjadi salah satu solusi pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Serang Syafrudin menuturkan, Pemkot Serang akan memberikan fasilitas serta perlindungan bagi pengusaha lokal di Kota Serang. “Saya juga siap untuk menjadi pelindung acara yang akan dilakukan oleh para pengusaha ekonomi kreatif lokal ini. Tidak ada pilih-pilih, semuanya akan saya rangkul,” tuturnya.

Sementara itu, menanggapi beberapa acara yang dilakukan oleh pengusaha dia mengatakan, hanya persaingan bisnis. Bukan berarti Pemkot Serang berpihak kepada salah satu komunitas saja. “Saya kira itu bukan tidak diikutsertakan. Artinya pengusaha ini sama-sama bersaing. Pemkot Serang itu mengakomodir dan merangkul semua,” katanya.

Bahkan, saat ini pihaknya sedang memfokuskan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Serang, sehingga diharapkan angka pengangguran bisa terentaskan dalam waktu dekat ini. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here