Pemkot Serang Berencana Bangun ”Sky Walk”

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana untuk membangun “sky walk” di sepanjang Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang. Tepatnya dari Taman Sari, melewati Royal hingga Pasar Lama.

Hal ini merupakan upaya untuk menangani persoalan kemacetan dan menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat perbelanjaan dan kuliner di Kota Serang.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) rencana pembangunan tersebut sudah dibuat. Namun, masih terkendala dengan pihak ketiga, yang hingga saat ini belum ada. Sehingga pelaksanaan pembangunannya pun masih belum diketahui.

“Sudah ada FS, rencana pembangunannya pun cukup menarik. Rencananya akan dibuat sky walk dari Taman Sari hingga ke arah Pasar Lama. Jadi masih belum tahu kapan mulainya,” ujarnya, Jumat (11/10/2019).

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Nanang Saefudin menjelaskan, selain belum ada pihak ketiga untuk melakukan pekerjaannya, Pemkot Serang juga terkendala dengan anggaran. Sebab, 80 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang masih mengandalkan dana transfer dari Pemerintah Pusat.

“Baru perencanaan, masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Lelangnya saja belum, pihak ketiganya juga belum ada. Kemudian, anggaran kami pun masih sangat terbatas. Pembangunan itu kan membutuhkan dana yang sangat besar. Jadi kami belum fokuskan dulu untuk pembangunan tersebut,” katanya.

Rencana pembangunan itu juga, kata dia, belum bisa direalisasikan baik di tahun ini maupun di tahun 2020. Akan tetapi, untuk proses lelang dan penganggaran akan dilakukan pada tahun depan. Meski saat ini sudah ada FS dan DED, namun pihaknya belum bisa memperkirakan berapa banyak anggaran yang akan dikeluarkan.

“Belum ada angkanya, karena FS dan DED ini kan juga masih dalam kajian, belum secara menyeluruh. Terus juga belum ada pembahasan, ini kan baru perencanaan, sama seperti Pasar Rau. Nanti lah pelan-pelan kami benahi dulu, pasar sudah dipindahkan, kemudian nanti trotoar dan jalannya,” ucapnya.

Selain rencana pembangunan “sky walk”, ucap dia, Pemkot Serang juga sedang membuat perencanaan untuk pemindahan Pasar Induk Rau (PIR) ke Teritih, Kecamatan Walantaka. Sehingga, pihaknya lebih memfokuskan ke pemindahan tersebut, karena sudah masuk dalam APBD Perubahan 2019.

Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Menengah Kecil (Disperdaginkop dan UKM) Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan, rencana pembangunan tersebut benar adanya.

“Rencananya itu nanti seperti Ciwalk yang ada di Bandung. Tapi itu juga kan perlu anggaran besar, mungkin pembangunannya tidak bisa cepat, karena pemkot juga kan masih membenahi lain-lain,” katanya. (Rizki Putri/Yandri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here