Pemkot Cilegon Siapkan Ruang Isolasi Mandiri

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyiapkan tempat untuk isolasi bagi orang tanpa gejala (OTG) yang pernah mengalami kontak langsung dengan pasien terpapar Covid-19.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Aziz Ahmad Azis Ade Setia mengatakan, tempat isolasi mandiri disiapkan di tiga lokasi, yaitu Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon, dan Rumah Singgah Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon.

“Pemkot Cilegon juga akan menyiapkan fasilitas makan kepada OTG yang melakukan isolasi mandiri di tempat yang disediakan pemkot,” katanya, Senin (11/5/2020).

Ia menuturkan, sebanyak 133 ruangan di tempat isolasi mandiri siap digunakan untuk orang yang melakukan isolasi mandiri. Menurut dia, ruang isolasi merupakan ruangan yang didesain khusus dan terpisah dari pasien lain.

Baca Juga : Penyebaran Covid-19 Lewat Jalur Industri, Kinerja Tim Gugus Tugas Disorot

Ketika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, ujar dia, maka ruang isolasi menggunakan tekanan udara positif dengan menyaring udara hingga bersih, kemudian dipompa ke dalam ruangan terus-menerus. Hal tersebut membuat udara yang masuk ke ruangan isolasi tetap steril dan tidak terkontaminasi.

“Ruang isolasi dipergunakan untuk menahan penyebaran penyakit, agar tidak menjadi suatu kejadian luar biasa atau KLB,” katanya.

Hal tersebut, tutur dia, diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit.

Kepala Dinas Kesehatan dr Arriadna menuturkan, ruang isolasi merupakan ruangan yang didesain khusus dan terpisah dari pasien lain. Dimana sistem HVAC dengan pengaturan udara untuk ruangan bertekanan negatif.

Menurut dia, kontrol tekanan dipertahankan oleh modulasi pasokan utama dan exhaust fan berdasarkan sinyal dari transfer tekanan yang terletak di dalam ruang isolasi. Penting bagi pengelola rumah sakit untuk memperhatikan fasilitas dan infrastruktur ruang isolasi untuk pengendalian penyebaran penyakit ataupun infeksi. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here