Pemkot Cilegon Siapkan Rp 4 M Untuk Antisipasi Covid-19

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyiapkan angaran sekitar Rp.4 miliar untuk pencegahan Virus Corona (Covid-19). Hal itu dikatakan Wali Kota Cilegon Edi Ariadi di sela-sela pemantauan ketersediaan bahan pangan di Pasar Kranggot, Kamis (19/3/2020).

Anggaran tersebut, kata dia, disiapkan setelah Pemkot membentuk Satuan Tugas (Satgas) pencegahan Convid-19.

”Setelah dibentuk Satuan Gugus Tugas, Pemkot Cilegon menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 milyar. Itu juga ditambah dengan PMI Cilegon serta Forum Kota Sehat yang telah membuat Disinfektan secara massal,” katanya.

Selain menyiapkan anggaran, pemerintah juga telah berupaya secara optimal untuk mencegah virus tersebut, mulai dari imbauan sampai surat edaran untuk menghindari penyebaran virus corona.

“Jumat (20/3/2020), kami akan membagikan disinfektan tersebut secara gratis kepada sekolah, kelurahan, kecamatan, pondok pesantren (Ponpes) dan pihak lainnya. Kami juga melakukan upaya penyemprotan instansi pelayanan publik dengan cairan desinfektan. Selain itu, meniadakan apel pegawai pagi dan sore untuk sementara guna menghindari kontak dan kerumunan banyak orang yang rawan penyebaran virus tersebut,” katanya.

Sekda Cilegon Sari Suryati menuturkankan, karena Pemprov Banten menyatakan penyebaran Convid-19 sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pihaknya menyiapkan anggaran pencegahan musibah bencana non alam. Anggaran tersebut, diantaranya diperuntukkan kajian-kajian ,dan membuat Disinfektan yang dilaksanakan PMI Kota Cilegon dan Forum Kota Sehat.

“Selain pembagian disinfektan, nanti akan ada sosialisasi berupa stiker, yang isinya diantaranya menghindari kerumunan massa, tata cara penyemprotan, mencuci tangan dan lainnya yang keterkaitan dengan pencegahan Virus Covid-19,” ucapnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here