Pemkot Cilegon Rencanakan Rapat Dinas Berbasis Online

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berencana melaksanakan rapat kerja organisasi perangkat daerah (OPD) berbasis online. Cara tersebut, dilakukan untuk meminimalisir kegiatan tatap muka, selama social distancing diberlakukan pemerintah.

Pola rapat menggunakan media daring tersebut, akan diberlakukan mulai pekan depan. Kebijakan tersebut, ditegaskan melalui Surat Edaran (SE) Wali Kota Cilegon Nomor 480/862/Diskominfo perihal penyiapan fasilitas video converence.

“Ini merupakan program unggulan DKISS (Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik) Kota Cilegon, terkait pelaksanaan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Selain itu, juga dalam rangka percepatan pencegahan Covid (corona virus disease) 19, dengan cara meminimalisir pertemuan antarpejabat,” kata Kepala DKISS Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra, saat ditemui di Ruang Rapat Staff Ahli Wali Kota Cilegon, Jumat (27/3/2020).

Pada surat edaran wali kota, tertuang jika pelaksanaan rapat OPD berbasis online akan menggunakan aplikasi zoom. Itu merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video.

“Jadi, rapatnya nanti lewat video converence, bisa pakai komputer, laptop, bahkan HP. Kami sarankan jika wali kota yang memimpin rapat, itu menggunakan komputer, sehingga saat rapat, di belakang layar tidak hanya kepala OPD atau camat, tapi hadir juga pejabat struktural. Semua kelihatan hadir dalam rapat,” ujarnya.

Ia menuturkan telah menyosialisasikan pola rapat dinas berbasis online tersebut, selama sepekan terakhir. Bahkan, saat di Ruang Rapat Staf Ahli Wali Kota Cilegon, dia memang sedang melatih sejumlah kepala OPD dalam menggunakan aplikasi zoom.

“Pekan ini, kami sudah sosialisasi ke seluruh OPD dan camat, bahkan sudah melakukan pelatihan kepada mereka. Insyaallah aplikasi ini mudah digunakan, jadi tidak akan sulit,” ucapnya.

Pantauan Kabar Banten, hadir di ruang tersebut, Asda I Setda Pemkot Cilegon Taufiqurahman Husein, Asda II Setda Pemkot Cilegon Tubagus Dikri Maulawhardana, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Cilegon Bukhori, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon Nikmatulloh, Kepala Dinas Satpol PP Kota Cilegon Juhadi M Syukur, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Hayati Nufus, serta sejumlah pejabat eselon II lain.

Ia saat itu melatih para pejabat tentang cara penggunaan aplikasi zoom, juga melakukan simulasi rapat dinas terkait koordinasi penanganan wabah Covid-19 secara online. Jalannya simulasi cukup menggelitik, karena ada beberapa dari mereka yang kurang menguasai aplikasi tersebut.

“Yah namanya juga baru belajar, harus hafal dulu lah. Tapi, kalau sudah terbiasa, gampang juga kok,” tutur Asda I Setda Pemkot Cilegon Taufiqurahman Husein seusai mengikuti serta dalam simulasi. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here