Sabtu, 17 November 2018

Pemkot Cilegon-BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama

CILEGON, (KB).- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemkot Cilegon menuju cakupan kesehatan semesta tahun 2018. Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dilaksanakan di Kantor Wali Kota Cilegon, Senin (15/1/2018).

Kabarnya kerja sama antara BPJS Kesehatan dan Pemkot Cilegon kali ini, sebagai tindak lanjut dari MoU optimalisasi peran pemerintah daerah pada 1 tahun lalu. Hadir pada acara tersebut, Plt Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Sari Suryati, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten-Kalimantan Barat-Lampung, dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, serta para pejabat terkait di dua lembaga tersebut.

Sebagaimana yang tertuang dalam perjanjian kerja sama, kelompok penduduk Cilegon yang akan didaftarkan oleh Pemkot Cilegon menjadi peserta program jaminan kesehatan antara lain meliputi peserta awal yang didaftarkan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada saat ditandatanganinya perjanjian sejumlah 13.832 jiwa, penduduk yang termasuk dalam BDT (Basis Data Terpadu), Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Non-BDT, nelayan, pekerja sosial pada Dinas Sosial, Anggota Foker C (Forum Komunikasi RT/RW Cilegon, Pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah), Kader Cilegon Mandiri.

Plt Wali Kota Cilegon, Edi Ariyadi dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan salah satu bentuk peran pemerintah daerah dalam memenuhi target nasional. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran pemerintah daerah dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan semesta. Targetnya seluruh penduduk Kota Cilegon dapat memiliki jaminan kesehatan,” ujarnya.

Ia menuturkan, Pemkot Cilegon dapat mendaftarkan 63.483 peserta BPJS. “Dengan adanya kerja sama ini, saya berharap seluruh masyarakat Kota Cilegon dapat memperoleh perlindungan jaminan kesehatan secara merata,” katanya. Plt Wali Kota Cilegon mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk mendukung program ini.  Dalam kesempatan itu, Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Benjamin Saut PS memberikan penghargaan kepada Pemkot Cilegon dengan menyerahkan piagam Universal Health Coverage yang diterima langsung oleh Plt Wali Kota Cilegon. (HS)***


Sekilas Info

Pengelola Hiburan di Kota Cilegon Membandel

CILEGON, (KB).- Meski sudah berkali-kali dirazia dan diberi peringatan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, sejumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *