Pemkot Cilegon Anggarkan Rp 29 M untuk Penanganan Covid-19

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menganggarkan sebesar Rp 29 miliar untuk penanganan Covid-19.

Hal tersebut, dikatakan Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Cilegon yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sandi dan Statistik (Diskominfo) Pemkot Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade, Kamis (16/4/2020).

“Berdasarkan hasil rapat satuan gugus tugas Covid-19, dapat kami laporkan untuk anggaran pencegahan Covid-19 ini di Kota Cilegon sebesar Rp 29 miliar lebih,” katanya.

Ia menuturkan, secara terperinci anggaran tersebut, di antaranya untuk penanganan kesehatan sebesar Rp 11,7 miliar, penanganan dampak ekonomi Rp. 3,727 miliar, penyediaan social safety net atau Jaringan Pengaman Sosial sebesar Rp 13,7 miliar.

“Dari jumlah tersebut, memang yang paling besar ada di penyediaan social safety,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada bantuan keuangan sebesar Rp 45 miliar dari Pemprov Banten yang belum masuk hitungan. Karena, Satgas Gugus Covid-19 akan menggelar rapat kembali untuk membicarakan jumlah tersebut.

“Artinya, kami membicarakan anggaran refocusing program dan kegiatan dari Pemkot Cilegon. Jumlah tersebut merupakan perubahan alokasi anggaran program dan kegiatan yang dialihkan melalui optimalisasi penggunaan belanja tidak terduga (BTT),” ucapnya.

Terkait dengan data perkembangan Covid-19 di Kota Cilegon, dia mengatakan, sampai saat ini 414 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), kemudian sembuh sebanyak 325 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 12 orang, yang sembuh 4 orang, sedangkan yang meninggal 7 orang.

Terkait kewaspadaan terhadap Covid-19, tutur dia, diperlukan peran aktif dan bantuan dari semua pihak, seperti ketua RW, RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan lainnya untuk menginformasikan kepada puskesmas apabila ada warga di wilayahnya yang baru datang dari luar negeri atau dari wilayah transmisi lokal atau baru datang dengan menggunakan transportasi umum. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here