Sabtu, 17 November 2018
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berjabat tangan dengan Wakil Presiden, Jusuf Kalla usai penandatanganan MoU untuk Galeri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Inovasi di Istana Wapres, Senin (15/1/2018).*

Pemkab Tangerang MoU Pengembangan GIPTI

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk Galeri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Inovasi (GIPTI). Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut disaksikan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Menristekdikti, di Istana Wapres, Senin (15/1/2018).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pengembangan Gipti di BSD City selaras dengan visi Kabupaten Tangerang yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Tangerang yang cerdas, makmur, religius, dan berwawasan lingkungan. Pemkab Tangerang juga mendorong dan menggandeng pihak swasta dalam mewujudkan 25 program unggulan, di antaranya Program Kerja Sama Lintas Menuju Rakyat Sejahtera (Jalin Rasa).

“Dengan adanya Gipti ini juga dapat menjadi ajang promosi daerah dalam pengembangan Iptek. Sebab, setiap tahun Pemkab Tangerang mengadakan lomba inovasi-inovasi melalui gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diikuti oleh Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi ) yang tersebar di seluruh kecamatan,” ucap Zaki menjelaskan.

Sementara itu, Wapres Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, penandatanganan MoU ini jangan hanya jadi seremonial belaka, tetapi harus ada tindak lanjut dan realisasi nyata kedepannya. Sebab, Indonesia sudah berada jauh di belakang negara-negara lain.  “Karena itu, saya meminta, setelah penandatanganan ini berkasnya jangan langsung ditaruh di laci kantor tapi langsung ditindaklanjuti, disusun rencana selanjutnya untuk merealisasikan ini. Kita harus terus maju ke depan, karena pengembangan teknologi saat ini sudah sangat berkembang pesat,” ucap JK.

Hal senada juga dikatakan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohamad Nasir yang menyambut baik terjadinya kolaborasi berbagai unsur dalam pengembangan iptek dan inovasi melalui kerja sama ini. Menurutnya, pengembangan GIPTI merupakan kolaborasi yang unik dari empat institusi lintas sektor yang mewakili unsur ABG (Academician-Business-Government).

Keempat institusi lintas sektor itu adalah pemerintah pusat sekaligus lembaga litbang melalui Puspitek, Pemkab Tangerang, Universitas Paramadina dan dunia usaha yaitu, Sinar Mas Land.  Nasir berharap, GIPTI dapat berkontribusi bagi pembangunan masyarakat berbasis iptek khususnya di Kabupaten Tangerang, peningkatan daya saing daerah, serta penciptaan produk-produk inovasi serta wirausaha berbasis teknologi di masyarakat.

Untuk diketahui, Galeri Iptek dan Inovasi akan berlokasi di Kabupaten Tangerang tepatnya di area BSD City. Sebagian areal GIPTI akan menempati lahan Puspitek seluas ± 15 ha yang berada di wilayah tersebut. GIPTI akan menjadi show case kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang Iptek dan tempat pemasaran bagi produk-produk IKM dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di Puspitek, Pemkab Tangerang, maupun Universitas Paramadina dan PT Sinar Mas Land. (DA)***


Sekilas Info

Data Kependudukan Bisa Diakses Swasta

TANGERANG, (KB).- Tak hanya instansi pemerintahan, data kependudukan juga bisa diakses oleh pihak swasta. Hal tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *