Senin, 23 Juli 2018

Pemkab Tangerang Cairkan Dana Desa Rp 537 M

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, akan segera mencairkan dana desa 2018 sebesar Rp 537 miliar yang dialokasikan untuk sebanyak 426 desa tersebar pada 29 kecamatan.

“Ada peningkatan jumlah dari 2017, yakni sebesar Rp 322 miliar,” kata Kepala Seksi Fasilitas Pengelolaan Keuangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Pemkab Tangerang, Nurul Huda, Kamis (3/5/2018).

Ia mengatakan, pencairan dana tersebut sesuai jadwal menjelang bulan puasa 2018, karena dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa. Namun, pencairan dilakukan secara bertahap, untuk pertama sebesar 20 persen dan kedua serta ketiga masing-masing 40 persen.

Ia menuturkan, terdapat perubahan skema pencairan yang 2017 hanya dua tahap, tetapi pencairan saat ini tiga tahap berdasarkan peraturan dari Kementerian Keuangan.

Ia menambahkan, agar kepala desa atau perangkat desa lainnya dapat memanfaatkan dana tersebut, untuk kepentingan publik dan pembangunan insfrastruktur.

Bahkan, dana tersebut tidak diperkenankan untuk kepentingan pribadi kepala desa, karena berasal dari APBN dan ditransfer ke rekening Pemkab Tangerang, kemudian disalurkan.

Hal tersebut, karena harus ada laporan pertanggungjawaban kepala desa, sehingga tidak dapat begitu saja dicairkan, termasuk membuat rencana penggunaan anggaran sebelumnya.

“Setiap desa mendapatkan dana tersebut sebesar Rp 1,2 miliar dan pada 2017 hanya mencapai Rp 800 juta,” ujarnya.

Menurut dia, dana tahap awal untuk pembangunan fisik, setelah itu dialokasikan pada tunjangan perangkat desa dan belanja langsung. Penggunaan dana desa harus terbuka dan diketahui publik, maka perlu dibuatkan pengumuman atau spanduk, agar dapat dibaca warga.

Diketahui, dana desa 2018 terlambat dicairkan, seharusnya awal April, karena sejumlah kepala desa belum membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan. (DA)*


Sekilas Info

Pemkot Tangerang Gratiskan PBB dan BPHTB Waris

TANGERANG, (KB).- Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kota Tangerang menggelar sosialisasi tentang pajak bumi dan bangunan (PBB) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *