Pemkab Serang tak Kunjung Serahkan Aset, Wali Kota Serang Surati Kemendagri

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Gubernur Banten untuk mendorong Pemkab Serang agar segera menyerahkan aset ke Pemkot Serang.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, surat tersebut berisi permintaan bantuan kepada pemerintah pusat dan provinsi guna memediasi masalah aset yang hingga saat ini tak kunjung tuntas. Sebab, banyak kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Serang yang masih mengontrak dan menumpang ke kantor OPD lain.

“Kami bersurat ke Kemendagri dan gubernur untuk memediasi masalah aset ini,” katanya, Kamis (29/8/2019).

Dalam isi surat itu, ia meminta Kemendagri untuk mendesak Pemkab Serang agar segera membangun Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab). Sehingga, pada tahun 2021 gedungnya sudah bisa digunakan oleh Pemkot Serang.

“Minimal 2020 itu Pemkab Serang sudah mulai membangun (Puspemkab). Jadi di 2021 kami sudah bisa mengisi aset (Pendopo Kabupaten) yang diserahkan oleh Pemkab,” ujarnya.

Ia berharap, dengan dilayangkannya surat tersebut Pemkab Serang bisa menyegerakan penyerahan aset. Menurut Syafrudin, sudah 12 tahun semenjak Kota Serang berdiri namun persoalan aset belum juga tuntas.

Ia menyarankan Pemkab Serang untuk segera menyediakan tempat agar nanti ketika aset sudah dimiliki Pemkot Serang sepenuhnya pemkab bisa langsung membangun dan memiliki gedung yang baru.

“Progres soal aset kami tetap akan melihat terlebih dahulu, karena kan Kabupaten Serang belum membangun (Puspemkab). Namun kami (Pemkot Serang) juga akan mendorong supaya pemkab segera membangun. Percuma nantinya kalau kami mendesak, tapi pemkab ternyata belum punya tempat, ya sama saja,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini ada empat OPD di lingkungan Pemkot Serang yang masih mengontrak. Seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Kota Serang. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here