Pemkab Serang Siapkan Satgas SAKIP

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berencana membentuk Satuan Petugas (Satgas) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Hal tersebut sebagai persiapan Pemkab Serang yang diperkirakan akan menjadi rujukan bagi pemerintah daerah lainnya, untuk studi banding terkait SAKIP.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabuaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, dengan SAKIP Kabupaten Serang yang meraih nilai A, biasanya akan dikunjungi daerah lain yang ingin studi banding untuk meningkatkan nilai SAKIPnya, sehingga Pemkab Serang dalam waktu dekat berencana membentuk Satgas SAKIP untuk menerima kunjungan tersebut. Selain itu, Kabupaten Serang juga terus meningkatkan SAKIP-nya.

“Dengan adanya penilaian seperti itu (nilai SAKIP A) sudah barang tentu akan menjadi rujukan daerah lain yang ingin juga meningkatkan nilai SAKIP-nya, sebab yang paling mudah, adalah dengan mengunjungi daerah yang sudah memperoleh nilai A,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (17/2/2020).

Menurut dia, sesuai dengan amanat Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, bahwa kebiasaannya daerah-daerah yang sudah mendapatkan nilai SAKIP A akan banyak dikunjungi daerah-daerah lain yang belum memperoleh nilai A. Untuk Kabupaten Serang, berdasarkan hasil penilaian 2019, meraih predikat A memuaskan dengan nilai 80,08.

Untuk itu, tutur dia, ke depan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) wajib membentuk Satgas SAKIP. Sebab, semua OPD harus siap-siap untuk menerima kunjungan daerah yang akan melakukan studi banding atau kunjungan ke Kabupaten Serang, agar pada saat daerah lain melakukan studi banding, Pemkab Serang dapat memberikan gambaran yang utuh mengenai apa yang telah dilakukan Kabupaten Serang terhadap daerah yang melakukan studi banding tersebut.

Oleh karena itu, tutur dia, Pemkab Serang perlu persiapan salah satunya dengan membuat Satgas SAKIP.

“Kami harus mempersiapkan diri jangan sampai ketika kami dikunjungi, justru kami tidak siap. Makanya, masing-masing OPD harus ada tim atau Satgas SAKIP yang bisa menjelaskan secara komprehensif SAKIP di OPD-nya masing-masing, nanti kami juga sama membentuk SAKIP di tingkat Kabupaten Serang ketika ada kunjungan bisa memudahkan koordinasi dalam menerima mereka,” ujarnya.

Ia mengharapkan, satgas tersebut, berisi orang-orang yang paham betul terkait pencapaian SAKIP di Kabupaten Serang ini, sehingga saat daerah melakukan kunjungan ke Kabupaten Serang dapat lebih mudah memahami dan Kabupaten Serang bisa menjadi rujukan.

“Kami mau satgas ini betul-betul orang yang dapat menjelaskan SAKIP,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa sebelumnya penilaian SAKIP tersebut diserahkan langsung Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Senin (10/2/2020). Untuk daerah yang berada di wilayah I, meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat.

“Upaya keras seluruh jajaran Pemkab Serang diberi apresiasi yang baik oleh Kementerian PANRB. Penilaian SAKIP terus meningkat dari tahun ke tahun dan kali ini predikat A atau memuaskan,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here