Pemkab Serang Siapkan Beasiswa PTN

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang, telah menyiapkan beasiswa untuk pelajar yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Beasiswa pendidikan tersebut didukung penuh dari APBD 2019.

Kepala Disdikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, setelah di tahun pelajaran 2018/2019 Pemkab Serang dengan, dukungan beasiswa APBD 2018 dapat menyupport 38 siswa pada Program Vokasi D-1 Teknik Kimia Untirta. Maka di tahun pelajaran 2019/2020 ini Pemkab Serang telah siap mendukung 40 siswa dari target 60 siswa yang telah dinyatakan lolos seleksi pada prodi dimaksud.

“Terdata ada 143 peserta seleksi vokasi D1 Teknik Kimia Untirta di 2019 ini, dari hasil uji yg dilakukan dinyatakan lulus 40 calon siswa. Ini yang akan mengikuti program pendidikan dengan dukungan penuh dari Beasiswa APBD 2019,” ujar Asep kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Tahun 2019 ini, dia menjelaskan, Pemkab Serang telah menyiapkan anggaran selain untuk vokasi D1 Teknik Kimia Untirta sejumlah 60 siswa. Telah disiapkan pula beasiswa APBD 2019 untuk 12 Siswa Vokasi D3 Universitas Insonesia dan untuk 10 Siswa yang lulus pada Prodi/Fakultas Kedokteran Untirta.

“Alhamdulillah, beberapa waktu lalu telah dilaksanakan test tahap 2, wawancara Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMI) atau tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang. Tes tersebut untuk seleksi fakultas kedokteran Untirta. Dari kisaran 500 peserta test, yang berhak mendapat kesempatan untuk MMI hanya 100 peserta,” katanya.

Dia menuturkan, dalam 100 peserta test MMI diperoleh informasi terdapat 27 peserta dari Kabupaten Serang. Jumlah tersebut dinilai paling banyak dibandingkan daerah lain. Selanjutnya, pada Ahad 20 Juli 2019 juga telah dilaksanakan seleksi masuk (Simak) UI di MAN 2 Serang dan SMAN 1 Ciruas.

Diketahui pelaksanaan ini pertama kali dilakukan untuk wilayah Serang melaksanakan Simak. Pelaksanaan diikuti oleh kisaran 300 peserta dimana terdapat 124 peserta Simak dari Kabupaten Serang untuk 7 prodi pada fakultas vokasi UI.

“Kami telah upayakan untuk 114 siswa dari 124 peserta dapat dibantu biaya pendaftarannya dengan alasan kelayakan bantu dari fasilitasi dana CSR BJB-Banten Cabang Serang Rp 400.000 per siswa,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkab Serang melalui Disdikbud Kabupaten Serang telah siapkan dana beasiswa APBD full selama pendidikan bagi 10 siswa yang lulus di S-1 Prodi/fakultas kedokteran Untirta dan 12 siswa bagi yang lulus D3 Simak Vokasi UI.

“Semoga anak-anak Kabupaten Serang mendapatkan kesempatan pendidikan terbaik dengan dukungan Beasiswa APBD Kabupaten Serang atas kebijakan dan inisiasi Ibu Bupati Serang,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here