Pemkab Serang Raih Penghargaan Dari Universitas Indonesia

Rektor UI Muhammad Anis saat memberikan penghargaan bidang pendidikan kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Menara Bank Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).*

JAKARTA, (KB).- Pemerintah Kabupaten Serang meraih penghargaan bidang pendidikan dari Universitas Indonesia (UI). Penghargaan diterima Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Menara Bank Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019). Penghargaan itu diberikan langsung oleh Rektor UI Muhammad Anis.

Tatu menjelaskan, penghargaan tersebut diperoleh Pemkab Serang setelah memberikan beasiswa kepada 13 mahasiswa asal Kabupaten Serang di UI. ”Penerima beasiswa dari keluarga tidak mampu yang juga dibekali biaya hidup,” kata Tatu dalam rilisnya yang diterima Kabar Banten, Ahad (3/11/2019).

Tatu bersyukur atas penghargaan tersebut dan berkomitmen akan menjadikan program pendidikan Kabupaten Serang lebih baik dari sebelumnya. “Penghargaan ini tentunya bentuk motivasi untuk Pemerintah kabupaten agar menjalankan program dengan baik,” ujar Tatu setelah menerima penghargaan di UI Awarding Night.

Ia mengatakan, Pemkab Serang akan terus berupaya memperbaiki program pendidikan agar masyarakat Kabupaten Serang memiliki pendidikan yang bermutu dan berkualitas. “Semoga penghargaan ini semakin memotivasi anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa mendapatkan pendidikan di UI,” ucapnya.

Diketahui, Penghargaan UI Awarding Night 2019 ini merupakan bentuk apresiasi kampus UI kepada para pihak yang telah bersinergi dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai mitra yang baik di perusahaan, individu, alumni, media massa, dan lembaga. Dengan kategori, bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, alumni inspiratif, media, dan unit kerja khusus pelayanan pengabdian masyarakat.

Diketahui sebelumnya, Pemkab Serang juga sudah menyediakan beasiswa untuk 1.650 murid Sekolah Dasar (SD) dengan anggaran Rp 1,65 miliar dan 2.452 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan anggaran Rp 1,71 miliar.

Sementara, tingkat perguruan tinggi terdapat beasiswa vokasi D-1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) untuk 44 mahasiswa dengan anggaran Rp 352 juta, vokasi D-3 UI untuk 13 mahasiswa dengan anggaran Rp 461,5 juta, pendidikan sarjana kedokteran Untirta untuk tujuh mahasiswa dengan anggaran Rp 1,02 miliar. Terakhir, beasiswa sarjana untuk 351 guru PAUD dengan anggaran Rp 1,75 miliar. ”Investasi terbaik untuk masa depan bangsa ini, sebuah keniscayaan melalui pendidikan,” ujar Tatu.

Sementara, Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis mengatakan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada pihak yang berkontribusi bagi UI dan Indonesia. ”Ucapan terima kasih dan bentuk apresiasi UI kepada segenap mitra UI yang senantiasa mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi UI, baik itu penelitian, pendidikan maupun pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Tahun ini, kata Anis, penghargaan dari kategori pendidikan diberikan kepada 115 pihak baik pribadi, lembaga pemerintah, swasta, asosiasi nasional hingga internasional yang berjasa memajukan pendidikan di UI. Sedangkan kategori penelitian diberikan kepada 34 pihak terdiri atas para mitra baik perusahaan, individu yang telah dikolaborasi dengan UI sehingga telah mengantarkan beberapa produk inovasi karya sivitas UI.

”Kategori pengabdian masyarakat diberikan kepada 40 pihak yang mendukung program pengabdian masyarakat UI sehingga dapat dirasakan nyata oleh masyarakat,” tuturnya. (YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here