Selasa, 11 Desember 2018

Pemkab Serang Minim Pejabat Bersertifikat Barang dan Jasa

SERANG, (KB).- Sebanyak 70 persen pejabat eselon III A dan B di Lingkungan Pemkab Serang belum memiliki sertifikat barang dan jasa. Oleh karena itu, pada 2019 mendatang Pemkab Serang akan prioritaskan eselon III A dan B untuk ikut bimbingan teknis (bintek) barang dan jasa. Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Perpres Nomor 16 Tahun 2018 telah menginstruksikan, agar pada 2023 mendatang semua pejabat pembuat komitmen (PPK) bersertifikat barang dan jasa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, untuk 2019 pejabat yang akan ditunjuk sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) adalah eselon III, sehingga meskipun belum memiliki sertifikat barang dan jasa hingga 2023 masih bisa jadi PPK. “Tapi, setelah itu (2023) yang jadi PPK harus bersertifikat,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (11/11/2018).

Ia menuturkan, sampai saat ini pejabat yang sudah punya sertifikat barang dan jasa baru sekitar 30-40 persen. “Sisanya belum, makanya ketika itu mereka tidak bisa ditunjuk kepala OPD-nya untuk jadi PPK,” ujarnya. Aturan tersebut tertera dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. “Katanya boleh ditunjuk jadi PPK, asal dia juga ditunjukan sebagi KPA. Jadi merangkap,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pada 2019 KPA akan dipegang langsung oleh kepala bagian. Dengan demikian, kepala bagian yang akan langsung menjadi PPK. “Karena, dia yang paling tahu dan bisa mengawasi PPK. Jadi, lebih rasional dan intens dalam pengawasan,” tuturnya. Oleh karena itu, pada 2019 Pemkab Serang akan memprioritaskan eselon III A dan B untuk ikut bintek barang dan jasa.

“Sertifikasi barang jasa kami kan ada kesempatan sampai 2023. Tapi, 2019 akan lebih banyak yang diikutkan bintek barjas, saya harapkan eselon III itu lulus, karena hanya dua kali yang dibiayai pemda, sisanya biaya sendiri. Kalau 2023 enggak lulus dan enggak punya, maka dia akan tersingkir dari jabatan PPK,” katanya. (DN)*


Sekilas Info

Penyertaan Modal Bank Banten Terancam Jadi Silpa

SERANG, (KB).- Penyertaan modal untuk PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten Tbk (Bank Banten) terancam menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *